PENGARUH KOMPETENSI, KEPUASAN KERJA, DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP PERILAKU PROFESIONAL GURU EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KABUPATEN SEMARANG


Yunita Nurul Asyifah , 7101412358 (2017) PENGARUH KOMPETENSI, KEPUASAN KERJA, DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP PERILAKU PROFESIONAL GURU EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412358.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku seorang guru yang profesional ditunjukkan dengan keahlian dan mutu watak yang berkualitas dalam membimbing dan membina peserta didiknya, sehingga mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Akan tetapi berdasarkan fakta dilapangan, dalam menjalankan pekerjaannya sebagai pendidik, guru belum sepenuhnya berperilaku profesional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi, kepuasan kerja, dan kesejahteraan guru terhadap perilaku profesional guru ekonomi SMA se-Kabupaten Semarang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu pada guru ekonomi SMA se-Kabupaten Semarang sebanyak 48 guru. Variabel yang diteliti adalah kompetensi, kepuasan kerja, dan kesejahteraan guru sebagai variabel bebas serta perilaku profesional guru sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = -17,723 + 1,146X1 + 0,151X2 + 0,700X3. Pengaruh kompetensi guru terhadap perilaku profesional guru sebesar 53,44%, kepuasan kerja guru tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku profesional guru, dan pengaruh kesejahteraan guru terhadap perilaku profesional guru sebesar 14,52%. Sedangkan secara simultan kompetensi, kepuasan kerja, dan kesejahteraan guru memberikan pengaruh sebesar 81% terhadap perilaku profesional guru ekonomi se-Kabupaten Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh kompetensi, kepuasan kerja, dan kesejahteraan guru terhadap perilaku profesional guru ekonomi. Akan tetapi, secara parsial hanya kompetensi dan kesejahteraan guru yang berpengaruh terhadap perilaku profesional, sedangkan kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku profesional guru. Saran yang dapat diberikan antara lain guru ekonomi sebaiknya meningkatkan kompetensi pedagogik dan kepribadiannya, serta menjaga hubungan yang harmonis antar guru, peserta didik, dan karyawan di lingkungan sekolah agar dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik, perilaku guru ekonomi semakin profesional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, kepuasan kerja, kesejahteraan, perilaku profesional guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:55
Last Modified: 15 May 2019 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29598

Actions (login required)

View Item View Item