PENGARUH PENGGUNAAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI, COMPUTER ATTITUDE, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB SMK PALEBON SEMARANG


Ibnu Ikhsanudin Bahtiar , 7101412285 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI, COMPUTER ATTITUDE, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412285.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Komputer Akuntansi MYOB merupakan hal yang penting bagi siswa di SMK jurusan akuntansi sebagai bekal keterampilan. Berdasarkan hasil observasi awal dan penelusuran data awal di SMK Palebon Semarang, beberapa siswa kelas XI Akuntansi SMK Palebon Semarang masih ada yang belum optimal prestasi belajarnya pada mata pelajaran komputer akuntansi sebanyak 18 siswa (26%) dari 68 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan fasilitas laboratorium akuntansi, computer attitude, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB siswa kelas XI akuntansi SMK Palebon Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI akuntansi SMK Palebon Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang telah melaksanakan ujian akhir semester ganjil sejumlah 68 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Variabel dependen penelitian ini adalah prestasi belajar (Y), sedangkan variabel independennya meliputi penggunaan fasilitas laboratorium akuntansi (X1), computer attitude (X2), dan motivasi belajar (X3). Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan fasilitas laboratorium akuntansi, computer attitude, dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar (56,6 %). Sedangkan secara parsial penggunaan fasilitas laboratorium akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar (19,89%), computer attitude berpengaruh terhadap prestasi belajar (6,76%), dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB (19,89%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, penggunaan fasilitas laboratorium akuntansi, computer attitude, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB siswa XI akuntansi SMK Palebon Semarang. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah diperlukan peran dari pihak sekolah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan fasilitas laboratorium akuntansi, kepercayaan siswa terhadap komputer dan memberikan dorongan kepada siswa agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Penggunaan Fasilitas Laboratorium, Computer Attitude, Motivasi Belajar, Komputer Akuntansi, MYOB
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:55
Last Modified: 15 May 2019 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29595

Actions (login required)

View Item View Item