PISANG SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM SENI LUKIS


Mustolik , 2411409057 (2016) PISANG SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM SENI LUKIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411409057.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (500kB) | Preview

Abstract

penikmatnya ia pasti akan mati. Ia ingin kehadirannya di atas dunia ini bisa memberikan manfaat sebelum dirinya mati. Tak sekedar itu tumbuhan pisang telah mempersiapkan generasi penerusnya sebelum ia mati. Tunas-tunas muda inilah yang nantinya akan meneruskan tugasnya memberikan manfaat dan kebaikan kepada siapapun yang memetik buahnya, atau mengambil daunnya ataupun juga mengambil batangnya. Itulah pisang, kita sebagai manusia haruslah belajar hidup pantang menyerah dari sebuah pisang. Manusia hendaknya bisa berbuat lebih dari sekedar pisang. Tujuan pembuatan proyek studi ini yaitu 1) Menghasilkan lukisan yang bersubjek buah pisang sebagai simbol kehidupan manusia. 2) Menciptakan lukisan yang bersubjek buah pisang dengan gaya surealistik. Bahan yang digunakan pada pembuatan karya lukis ini yaitu kanvas, plamir, spanram, lem kayu, cat akrilik, dan kain perca. Alat yang digunakan dalam berkarya seni lukis ini yaitu kuas, palet, pensil, karet penghapus, dan kain lap. Teknik berkarya seni lukis yang penulis gunakan yaitu teknik sapuan kuas model dussel. Proses penciptaan karya lukis dalam proyek studi ini melalui tahapan-tahapan dari konseptualisasi berupa pencarian ide, pengumpulan data, pengumpulan materi gambar, dan visualisasi berupa pembuatan sketsa di kertas sampai melukis pada kanvas. Karya yang dihasilkan penulis sejumlah delapan karya yang bersubjek buah pisang sebagai simbol kehidupan manusia. Ukuran dalam karya lukis proyek studi penulis bervariasi, yaitu Tergantung (170x40cm), Sepanjang Daya (50x150cm), Dari Diri untuk Pribadi (110x90cm), Pelan Sajalah (100x140cm), Menjual (100x140cm), Duduk Tergantung (150x100cm), Evolusi Khusuk (110x90cm), dan Berjemur Menjamur (160x60cm). Media yang digunakan dalam pembuatan karya seni lukis adalah cat akrilik pada kanvas. Gaya yang digunakan dalam membuat karya lukis ini adalah gaya surealistik. Subjek surealistik dalam karya lukis ini yaitu subjek buah pisang yang berisikan batu baterai, subjek buah pisang yang berisikan sebatang lipstik, subjek buah pisang dengan cangkang siput, subjek buah pisang berkacamata yang setengah tubuhnya sudah membusuk, dan subjek buah pisang yang memakan tubuhnya sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pisang, Manusia, Seni lukis, Gaya Surealistik. Tumbuhan pisang sesudah menghasilkan buah bagi para
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 31 Jan 2018 14:08
Last Modified: 31 Jan 2018 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29592

Actions (login required)

View Item View Item