STRATEGI KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA (KOSPIN JASA) DALAM PENGEMBANGAN USAHA


Elva Eka Ernawati , 7101412242 (2017) STRATEGI KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA (KOSPIN JASA) DALAM PENGEMBANGAN USAHA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412242.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (541kB) | Preview

Abstract

Koperasi simpan pinjam jasa adalah koperasi yang bergerak dalam usaha pembentukan modal melalui tabungan para anggota secara teratur dan terus menerus untuk kemudian dipinjamkan kepada para anggota dengan cara yang mudah, murah, cepat dan tepat untuk tujuan produktif dan kesejahteraan. Strategi bisnis diterapkan koperasi guna memusatkan bagaimana cara bersaing dalam dunia bisnis. Analisis dan pemilihan strategis yang dilakukan oleh koperasi akan membangun sebuah fase dari proses manajemen strategis sampai hal tekhnis sehingga mampu menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage) yang menjadi pembeda dengan koperasi lain. Tujuan penelitian ini antara lain: (1)Untuk mengetahui strategi koperasi simpan pinjam jasa (Kospin Jasa) dalam menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage). (2)Untuk mengetahui strategi koperasi simpan pinjam jasa (Kospin Jasa) dalam menciptakan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan anggota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Kantor pusat Kospin Jasa dengan informan pengurus, karyawan dan anggota Kospin Jasa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pengukuran keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, data display, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kospin Jasa dapat menciptakan keunggulan bersaing dengan melakukan diversifikasi dan diferensiasi produk yang berhasil menghimpun pendapatan bagi Kospin Jasa. Kospin Jasa berani memberikan bunga pinjaman lebih kecil dari bunga bank, yaitu dibawah 1% setiap bulan. Kospin Jasa mampu memberikan pelayanan yang beragam baik secara langsung maupun secara online kepada anggota. Kospin Jasa selalu memberikan pelatihan dan pembinaan kepada karyawan guna meningkatkan kapasitas karyawan dan memberikan penghargaan kepada karyawan yang memiliki kinerja bagus. Kospin Jasa dapat menciptakan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan anggota antara lain melakukan inovasi produk dengan mengintegrasikan semua produk Kospin Jasa dengan layanan berbasis online yang dilakukan sejak tahun 2009, melakukan ekspansi untuk memperbanyak cabang di seluruh Indonesia, melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain yang menunjang. Penemuan lain dalam penelitian ini yaitu keunggulan bersaing melalui figur dan karisma tokoh Kospin Jasa, dimana hal tersebut dapat membuat anggota loyal terhadap Kospin Jasa. Saran yang diberikan untuk mendorong kemajuan Kospin Jasa yang lebih pesat yaitu Kospin Jasa dapat menerapkan strategi promosi. Strategi promosi dapat dilakukan melalui media cetak dan elektronik yang lebih massif, sehingga masyarakat luas dapat lebih mengenal Kospin Jasa. Memperbanyak unit mobil kas keliling diseluruh cabang Kospin Jasa guna mengantisipasi kebutuhan mendesak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Koperasi Simpan Pinjam, Pengembangan Usaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:54
Last Modified: 15 May 2019 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29578

Actions (login required)

View Item View Item