PENGARUH PEMANFAATAN PLICKERS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 9 SEMARANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA


Khusnul Roifah , 1102413058 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN PLICKERS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 9 SEMARANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (610kB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika di sekolah yaitu untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Dalam penerapannya belum mampu mencapai tujuan tersebut secara maksimal. Dikarenakan karena kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran matematika. Siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami dan siswa lebih senang mengandalkan temannya ketika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini menyebabkan rata-rata hasil belajar siswa pada Ulangan Akhir Semester Gasal berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan meneliti tentang pengaruh pemanfaatan Plickers dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 9 Semarang terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan melalui metode eksperimen dengan pola pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi skala motivasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji independent sample t-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan SPSS Versi 21. Hasil uji beda t-test skor posttest motivasi belajar menunjukkan bahwa nilai equal variance assumed adalah 5,417 dengan signifikan sebesar 0,001. Signifikan 0,001 < 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata skor posttest motivasi kelas eksperimen adalah sebesar 99,26 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 86,26. Hasil beda t-test nilai posttest hasil belajar menunjukkan nilai equal variance assumed adalah 5,575 dengan signifikan sebesar 0,001. Signifikan 0,001 < 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan nilai posttest hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 85,29 lebih besar dari le;as kontrol yaitu 73,16.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Plickers, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2018 18:23
Last Modified: 30 Jan 2018 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29571

Actions (login required)

View Item View Item