PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PROGRAM BINA DIRI MENGGOSOK GIGI UNTUK SISWA TUNAGRAHITA KELAS III DI SEKOLAH PENDIDIKAN KHUSUS NEGERI KARANGANYAR KEBUMEN


Intan Pritasari Andriyani , 1102413052 (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PROGRAM BINA DIRI MENGGOSOK GIGI UNTUK SISWA TUNAGRAHITA KELAS III DI SEKOLAH PENDIDIKAN KHUSUS NEGERI KARANGANYAR KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (880kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang optimalnya pembelajaran program bina diri dalam hal menggosok gigi yang dilakukan oleh siswa tunagrahita kelas III di Sekolah Pendidikan Khusus Negeri Karanganyar. Selain itu pembelajaran yang dilakukan juga masih menggunakan metode konvensional yang menyebabkan tidak ada variasi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran tentang langkah-langkah menggosok gigi pada program bina diri dengan topik kebersihan diri pada siswa tunagrahita dan mengetahui keefektifan video pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan media ADDIE. Sampel yang digunakan adalah 4 orang siswa kelas III Tunagrahita/C. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan pengujian media yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dapat disimpulkan bahwa media video “Gigiku Sehat, Gigiku Kuat!” layak untuk diterapkan di pembelajaran. Pengujian yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh nilai 77,14% pada aspek pendidikan, sedangkan pada aspek ketetapan materi memperoleh nilai 90% menunjukan bahwa materi yang terdapat dalam video sudah sesuai dengan materi yang disampaikan. Selanjutnya uji keefektifan media menunujukan bahwa video pembelajaran “Gigiku Sehat, Gigiku Kuat!” efektif digunakan dalam pembelajaran, hal ini dikarenakan pada hasil tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan hasil yang berbeda. Dimana kelompok eksperimen mendapatkan hasil yang signifikan dan pada pengamatan yang dilakukan terjadi perbedaan perilaku pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kelompok eksperimen lebih antusisas dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran karena dibantu menggunakan video pembelajaran. Maka dari itu, guru perlu mengkreasikan pembelajaran dengan media pembelajaran agar anak termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Bina Diri, Tunagrahita,
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2018 18:20
Last Modified: 30 Jan 2018 18:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29570

Actions (login required)

View Item View Item