PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT MEMBACA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 MAGELANG


Mekhtildis Constanza Mira Indrawati Taso , 7101412166 (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT MEMBACA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412166.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (563kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar yaitu motivasi belajar, minat membaca dan lingkungan keluarga. Masalah dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang tergolong rendah hal tersebut dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) lebih banyak dibandingkan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM. SMA Negeri 4 Magelang memiliki penetapan KKM mata pelajaran ekonomi yaitu 77. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, minat membaca dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi siswa XI IPS di SMA Negeri 4 Magelang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 125 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar, minat membaca dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi sebesar 57.40%. Secara parsial motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi sebesar 11.8%, minat membaca berpengaruh terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi sebesar 16.9% dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi sebesar 17.1%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa masing-masing variabel motivasi belajar, minat membaca dan lingkungan belajar dalam kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar dalam kategori tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan agar siswa semakin meningkatkan rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas sekolah dan jika menemukan tugas yang sulit siswa sebaiknya segera bertanya kepada yang lebih mengerti. Selain itu, siswa diharapkan dapat menanamkan budaya cinta baca pada diri sendiri, karena dengan membaca kita memperoleh banyak manfaat seperti: menambah wawasan dan pengetahuan tentang suatu informasi baru yang belum kita ketahui. Dan bagi orang tua diharapkan dapat menciptakan suasana rumah yang tenang, tentram dan damai sehingga anak betah pada saat belajar di rumah yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Minat Membaca, Lingkungan Keluarga dan Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:52
Last Modified: 15 May 2019 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29569

Actions (login required)

View Item View Item