PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP DI KANTOR KECAMATAN SE KABUPATEN SEMARANG


Ahmad Rodli Mahfudin, 7101412138 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP DI KANTOR KECAMATAN SE KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412138.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Arsip merupakan kumpulan surat/warkat yang disimpan secara sistematis melalui penciptaan, penggunaan, pemeliharaan, dan penyusutan guna pencapaian tujuan organisasi dan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang didukung oleh faktor internal pegawai maupun faktor lingkungan internal organisasi seperti fasilitas kerja yang memadai dan lingkungan kerja yang nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan lingkungan kerja terhadap pengelolaan arsip secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada 19 Kantor Kecamatan se Kabupaten Semarang yang berjumlah 384 pegawai, dengan sampel sebanyak 202 pegawai dari 10 Kantor Kecamatan yang diambil dengan teknik Cluster Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Analisis data dengan menggunakan Regresi linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, dan Analisis Deskriptif Presentase. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=12,817+0,129X1+0,415X2+0,149X3+e. Hasil uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan lingkungan kerja terhadap pengelolaan arsip yaitu sebesar 45,8%. Sedangkan pengaruh secara parsial untuk kompetensi pegawai sebesar 2,65%, fasilitas kerja sebesar 24,82%,dan lingkungan kerja sebesar 3,2%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan lingkungan kerja terhadap pengelolaan arsip di Kantor Kecamatan se Kabupaten Semarang baik secara simultan maupun parsial. Sarannya adalah pegawai hendaknya lebih banyak diberikan diklat kearsipan untuk mendukung kemampuan dalam bekerja. Selain itu hendaknya peralatan penyimpanan arsip dilengkapi untuk mempermudah tugas pegawai, melengkapi setiap ruangan dengan AC atau kipas angin sebagai penyegar ruangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Arsip, Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:51
Last Modified: 15 May 2019 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29567

Actions (login required)

View Item View Item