PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP JIWA BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 201


Ade Sofiana , 7101412136 (2017) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP JIWA BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 201. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412136.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lingkungan belajar siswa merupakan tempat dimana siswa mendapatkan pelajaran atau materi yang bermanfaat bagi siswa dan menambah ilmu pengetahuan yang belum dimiliki siswa sedangkan kreativitas yang dimiliki siswa bisa untuk menunjang jiwa berwirausaha siswa. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa jiwa berwirausaha siswa di SMK Negeri 11 semarang rendah dapat dilihat dari jumlah lulusan siswa yang berwirausaha sangat sedikit. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh lingkungan belajar dan kreativitas siswa terhadap jiwa berwirausaha kelas X1 di SMK negeri 11 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016 di SMK Negeri 11 Semarang yang berjumlah 511 siswa. variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu Lingkungan Belajar dan Kreativitas siswa.. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisi linier berganda, analisis uji asumsi klasik, dan analisis uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linier berganda yang dihitung dengan SPSS diperoleh Y = 36,690 + 0,227X1 + 0,181X2 + e. Sedangkan hasil uji simultan diperolah Fhitung sebesar 71.750 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka ini berarti ada pengaruh yang positif secara bersama-sama antara lingkungan belajar dan kreativitas siswa terhadap jiwa berwirausaha siswa kelas X1 Di SMK Negeri 11 Semarang. Simpulan dalam penelitian ini yaitu secara partial maupun simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan kreativitas siswa terhadap jiwa berwirausaha kelas X1 di SMK Negeri 11 Semarang. Saran dalam penelitian ini mengenai membaca buku pelajaran diperpustakaan, banyak siswa yang belum suka membaca buku diperpustakaan. Siswa diharapkan banyak membaca buku pelajaran maupun buku lainya yang ada diperpustakaan, karena buku merupakan jendela dunia dengan membaca buku kita dapat mengetahui banyak pengetahuan, wawasan dan meningkatkan kreativitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar dan Kreativitas Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:51
Last Modified: 15 May 2019 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29566

Actions (login required)

View Item View Item