PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMANEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN 2016/2017


Elisa Dwi Kartikasari , 7101412130 (2017) PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMANEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412130.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (363kB) | Preview

Abstract

Prestasi dan status sosial ekonomi orang tua sangat berpengaruh terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Apabila Prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua baik maka semangat belajar dan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi semakin tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui 1) Mengetahui besaran pengaruh prestasi belajar terhadap minat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ada pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jogonalan, 2) Mengetahui besaran pengaruh status sosial ekonomi orang tua secara bersamaan terhadap minat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ada pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jogonalan, 3) Mengetahui besaran pengaruh prestasi belajar, dan status sosial ekonomi orang tua secara bersamaan terhadap minat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ada pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jogonalan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jogonalan yang berjumlah 279 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Random Sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 165 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Prestasi Belajar (X1), Status Sosial Ekonomi Orang Tua (X2), dan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linier berganda yang dihitung dengan SPSS diperoleh Y= -214,298 + 3,146X1 + 0,351X2 + e Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jogonalan. Besarnya pengaruh secara simultan yaitu 62,10% sedangkan secara parsial prestasi belajar berpengaruh sebesar 34,57%, dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh sebesar 23,32%. Disarankan kepada SMA Negeri 1 Jogonalan 1) memberikan beasiswa pendidikan kepada siswa berprestasi dari keluarga yang tidak mampu, 2) sekolah memberi semangat belajar dan berprestasi pada siswa agar dapat masuk perguruan tinggi yang diinginkan, 3) sekolah mengadakan expo perguruan tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:51
Last Modified: 15 May 2019 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29565

Actions (login required)

View Item View Item