PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA (Studi Pada Siswa Kelas XI di SMK 1 Kudus T.A 2016/2017)


Raynaldy Abdillah Mahendra , 7101411271 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA (Studi Pada Siswa Kelas XI di SMK 1 Kudus T.A 2016/2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411271.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha, (2) Adakah pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi berwirausaha, (3) Seberapa besar pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan dukungan orang tua terhadap motivasi berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 69. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode koesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan tekhnik deskriptif presentase, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh analisis deskriptif rata-rata pembelajaran kewirausahaan dalam kriteria cukup baik sebesar 63,77%, dukungan orang tua dalam kriteria tinggi sebesar 69,55% dan motivasi berwirausaha dalam rendah sebesar 53,62%. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan dukungan orang tua secara simultan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 59,2% dan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara parsial pembelajaran kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berwirausaha dengan kontribusi sebesar 30,14%. Dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berwirausaha dengan kontribusi sebesar 20,89%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif pembelajaran kewirausahaan dan dukungan orang tua terhadap motivasi berwirausaha pada siswa kelas XI di SMK 1 Kudus. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah sebagai siswa harus mempunyai motivasi untuk melakukan suatu kegiatan usaha. Karena pada era sekarang ini menjadi seorang karyawan tidak dapat menjanjikan dapat hidup layak, menjadi seorang pemimpin akan lebih baik daripada menjadi karyawan. Serta dengan adanya dukungan orang tua, maka dapat membantu anak untuk lebih terpacu dalam mewujudkan cita-citanya dimasa yang akan datang. Hal yang paling mendasar yaitu dengan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, terutama dalam hal ini adalah pembelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berwirausaha, Pembelajaran Kewirausahaan dan Dukungan Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:50
Last Modified: 15 May 2019 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29563

Actions (login required)

View Item View Item