PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, IKLIM ORGANISASI DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN BREBES


Albar Awang Kautsar , 7101411263 (2017) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, IKLIM ORGANISASI DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411263.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja adalah suatu hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Kinerja yang baik tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti gaya kepemimpinan, iklim organisasi, dan budaya kerja yang ada di Kantor BPN Kabupaten Brebes. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, iklim organisasi dan budaya kerja terhadap kinerja pegawai BPN Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 pegawai yang terdiri dari seluruh pegawai BPN Kabupaten Brebes yang sekaligus dipakai sebagai sampel karena jumlah responden kurang dari 100. Variabel yang diteliti yaitu gaya kepemimpinan, iklim organisasi dan budaya kerja sebagai variabel bebas, dan kinerja sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif. Uji keberartian persamaan regresi dilihat dari uji Fhitung = 45,218 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil analisis regresi linear berganda dengan persamaan Y = 22.594 + 0.189X1 + 0.027X2 + 0.243X3. Besarnya pengaruh secara simultan antara gaya kepemimpinan, iklim organisasi dan budaya kerja terhadap kinerja pegawai yaitu 41’4%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kinerja pegawai secara parsial adalah budaya kerja yaitu sebesar 37,3%, sedangkan untuk gaya kepemimpinan dan iklim organisasi berpengaruh lebih kecil yaitu masing-masing sebesar 4,7% dan 34,1 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan, iklim organisasi dan budaya kerja terhadap kinerja pegawai BPN Kabupaten Brebes secara simultan. Secara parsial hanya variabel iklim organisasi saja yang tidak memberi pengaruh positif dan signifikan. Saran dari penelitian ini adalah 1) Bagi Kepala BPN dihimbau agar lebih berani dan tegas dalam bertindak untuk memberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang ada dan selalu mengadakan pembinaan secara rutin kepada seluruh stafnya, 2) Pihak BPN perlu menyediakan fasilitas kerja yang lengkap sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kinerja,dan masalah internal yang muncul untuk sesegera mungkin diselesaikan untuk menghindari dampak negatif yang berkepanjangan, 3) Kepada seluruh pegawai BPN dihimbau untuk berkomitmen dalam bekerja dan kedisiplinan, tanggung jawab serta kejujuran perlu dijaga dan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Budaya Kerja, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:50
Last Modified: 15 May 2019 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29562

Actions (login required)

View Item View Item