PENGARUH CARA BELAJAR SISWA, KEMAMPUAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
M. Badruddin Mirza , 7101410231 (2017) PENGARUH CARA BELAJAR SISWA, KEMAMPUAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ekonomi Orang tua Siswa, Kompetensi Profesional Guru. Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh atau dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar di sekolah. Prestasi belajar siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik intern maupun ekstern. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh cara belajar siswa, kemampuan sosial ekonomi orang tua siswa, dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2016/2017 baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 80 siswa dijadikan objek penelitian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cara belajar siswa (X1), kemampuan sosial ekonomi orang tua siswa (X2), kompetensi profesional guru (X3), dan prestasi belajar siswa (Y). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji F, uji t, Koefisien determinasi R2 dan r2. Berdasarkan analisis regresi diperoleh persamaan Y = 52,066 + 0,210X1 + 0,125X2 + 0,196X3. Dari hasil uji F (uji simultan) diperoleh nilai F hitung sebesar 21,825 dengan sig hitung 0,000 < 5%. Koefisien determinasi (r2) secara parsial untuk variabel cara belajar siswa sebesar 11,02%, untuk variabel kemampuan sosial ekonomi orang tua siswa sebesar 8,88%, untuk variabel kompetensi profesional guru sebesar 17,47%. Sedangkan secara simultan sebesar 44,2% dan selebihnya sebesar 55,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Simpulan bahwa cara belajar siswa, kemampuan sosial ekonomi orang tua siswa, dan kompetensi profesional guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini hendaknya siswa tetap belajar secara teratur dengan mengulang materi dan mengerjakan soal. Orang tua siswa hendaknya memberikan perhatian dan kasih sayang serta mencukupi kebutuhan pendidikan anaknya. Guru perlu meningkatkan wawasan, penggunaan teknologi dan menerapkan pembelajaran yang menarik dan efektif untuk kemajuan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Siswa, Cara Belajar Siswa, Kemampuan Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 May 2019 13:49 |
Last Modified: | 15 May 2019 13:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29560 |
Actions (login required)
View Item |