PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V DI SD NASIMA SEMARANG
HOMSA DIYAH ROHANA , 1102413050 (2017) PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V DI SD NASIMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (774kB) | Preview |
Abstract
Penelitan ini meneliti tentang pengaruh sistem full day school terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas V SD Nasima Semarang. Penelitian dilatar belakangi oleh munculnya sistem full day school sebagai upaya penanaman pendidikan karakter kepada siswa. Permasalahan yang muncul adalah masyarakat yang masih kontra terhadap penerapan full day school dapat memperbaiki karakter siswa. Untuk menjawab hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan pada karakter religius siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem full day school di SD Nasima Semarang, 2) Mengetahui karakter religius kelas V SD Nasima Semarang secara umum, 3) Mengetahui adakah pengaruh sistem full day school terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas V SD Nasima Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Nasima Semarang. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah simple random sampling sebanyak 48 Siswa. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah sistem full day school dan variabel terikatnya (Y) yaitu karakter religius siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini membuktikan sistem full day school dalam kategori baik (76%) dan karakter religius siswa kelas V dalam kategori baik (72%). Melalui analisis regresi sederhana hasil yang diperoleh adalah f hitung = 49,338 sedangkan hasil uji signifikansi menunjukan nilai Sig. 0,000 ≤ 0,05. Dengan demikian, hal ini menunjukan bahwa Sistem full day school berpengaruh secara signifikan terhadap Karakter religius siswa kelas V SD Nasima Semarang. Dari hasil penelitian, saran bagi pihak sekolah agar meningkatkan lagi pencapaian tujuan sekolah dengan mengadakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan sistem full day school. Kemudian untuk siswa agar selalu menambah pembiasaan karakter religiusnya baik disekolah atau di luar sekolah agar lebih baik lagi. Tidak lupa juga untuk orangtua agar selalu mengarahkan anaknya dalam beribadah sehingga apa yang sudah di dapatkan di sekolah tetap terlaksana ketika di luar sekolah, karena orang tua adalah orang terdekat siswa selain di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | full day school, karakter religius siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Full Day School |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 18:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 18:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29555 |
Actions (login required)
View Item |