PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DI SMK NU UNGARAN


SYARIFUDIN , 1102413046 (2017) PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DI SMK NU UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Beberapa hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah pembelajaran di SMK NU Ungaran yang masih konvensional, padahal untuk sarana dan prasana di SMK Ungaran sudah mendukung untuk sebuah sistem pembelajaran online. Hal ini mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah sistem pembelajaran online atau e-learning yang tepat untuk SMK NU Ungaran. Penelitian ini mempunyai 2 tujuan yaitu pertama untuk mengetahui langkah-langkah mengembangkan sistem pembelajaran e-learning berbasis Chamilo, yang kedua untuk membuat sebuah produk e-learning berbasis Chamilo yang layak sebagai salah satu media pembelajaran pada SMK NU Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia yang berjumlah 35. Pendekatan penelitian ini adalah dengan metode statistic deskriftif.. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik nontes (wawancara, angket, dan observasi). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Ada enam langkah pengembangan yaitu: pertama peneliti melakukan studi pendahuluan sebelum membuat produk mecari data terlebih dahulu, kedua peneliti melakukan praperancangan desain dengan mendesain e-learning secara offline dilaptop pribadi, ketiga peneliti memvalidasi dari segi media dan materi dengan 2 dosen dan 2 guru, keempat peneliti merevisi desain dengan uji media dan uji materi ke 2 dosen dan 2 guru SMK NU Ungaran, kelima peneliti menguji coba produk untuk mengetahui respon dari pengguna e-learning setelah mengetahui respon positif dari pengguna akhirya produk akhir e-learning dinyatakan sangat layak dengan kriteria kriteria kelayakan sangat layak baik dari segi media dan materi serta tanggapan peserta didik terhadap e-learning baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi media oleh ahli media yang menyatakan sangat baik dengan persentase 84%, validasi materi oleh guru yang menyatakan sangat baik dengan persentase 83%, dan hasil angket uji coba oleh siswa dan guru yang menyatakan baik. Berdasar hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk e-learning layak untuk dijadikan salah satu media pembelajaran di SMK NU Ungaran.Guru dan peserta didik diharapkan bisa menerapkan e-learning agar fungsi e-learning optimal perlu adanya pelatihan terhadap guru dan siswa terhadap penggunaan e-learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning, pengembangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 18:30
Last Modified: 29 Jan 2018 18:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29554

Actions (login required)

View Item View Item