PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PELATKOM (PENGENALAN ALAT KOMUNIKASI) BERBASIS ANDROID DI TK KARTINI 1 KARANGJATI KABUPATEN SEMARANG


Eri Yuliastuti , 1102413024 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PELATKOM (PENGENALAN ALAT KOMUNIKASI) BERBASIS ANDROID DI TK KARTINI 1 KARANGJATI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (965kB) | Preview

Abstract

Pada era modern seperti saat ini bangsa kita dihadapkan pada era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat dan pesat yang telah merambah berbagai sektor kehidupan manusia. Salah satunya yaitu pada bidang pendidikan, seperti penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada tingkat pendidikan taman kanak-kanak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan dan keefektifan media pembelajaran Pelatkom di TK Kartini 1 Karangjati Kabupaten Semarang. Objek dalam penelitian ini adalah peserta didik TK Kartini 1 Karangjati Kabupaten Semarang. Metode penelitian dan pengembangan media menggunakan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengambilan data menggunakan tes dengan desain eksperimen pretest posttest one group design. Analisis data dilakukan dengan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pelatkom yang dikembangkan menggunakan model ADDIE dalam pengembangan program dikatakan sangat baik dari aspek rekayasa perangkat lunak, komunikasi audio visual, dan lainnya dengan rata-rata 93% serta dalam materi aspek isi, penggunaan bahasa, dan evaluasi juga dikatakan sangat baik karena memiliki rata-rata 88%. Hasil keefektifan berdasarkan hasil nilai rata-rata peserta didik TK Kartini 1 Karangjati Kabupaten Semarang menunjukkan nilai pretest yaitu 48 sedangkan posttest yaitu 92. Sehingga diperoleh perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu sebesar 44 dengan jumlah sampel 19 siswa. Media pembelajaran Pelatkom sebaiknya digunakan dalam proses pembelajaran sebagai alternatif mengatasi permasalahan pembelajaran pada tema alat komunikasi, serta perlunya peningkatan fasilitas agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Selain itu, pengkondisian peserta didik lebih efektif dengan penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, game edukasi, pelatkom
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 18:16
Last Modified: 29 Jan 2018 18:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29552

Actions (login required)

View Item View Item