IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 1 SEMARANG
Dwi Wahyu Silvana Yoga , 1102413021 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keputusan Presiden RI No. 1 Tahun 2010 yang menyatakan bahwa setiap jenjang pendidikan di Indonesia harus melaksanakan pendidikan karakter. Kita ketahui bahwa pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting dilaksanakan, akan tetapi saat ini tampak bahwa masih rendahnya moral peserta didik yang dapat kita lihat dengan berbagai kejadian seperti masih terjadi tawuran antar pelajar, penggunaan narkoba, serta hilangnya rasa hormat terhadap orang yang lebih tua maupun guru. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Semarang, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling sehingga terdapat informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, sedangkan informan pendukung adalah guru dan peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Semarang dilakukan melalui dua proses. Pertama, dalam kegiatan pembelajaran guru mengembangkan nilai karakter dalam perangkat pembelajaran seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kedua, kegiatan di luar pembelajaran guru penanaman nilai karakter dalam kegiatan budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler; (2) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Adapun nilai-nilai karakter yang di kembangkan dalam kegiatan pembelajaran dan luar pembelajaran adalah nilai religius, toleransi, jujur, disiplin, tanggung jawab, demokrasi, semangat kebangsaan, percaya diri dan kepedulian; (3) dalam evaluasi, guru menggunakan catatan pembinaan siswa dan buku tata tertib; (4) hambatannya adalah kurangnya komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua, kesadaran peserta didik yang masih kurang, upaya yang di lakukan untuk mengatasi hambatan adalah dengan menjalin komunikasi dengan orang tua wali murid tentang perkembangan peserta didik, pihak sekolah saling berkoordinasi, apabila ada hambatan dalam pelaksanaan pendidikan; (5) sedangkan faktor pendukungnya adalah pemerintah, sumberdaya manusia, kondisi lingkungan yang kondusif, fasilitas sarana dan prasarana sebagai penunjang keberhasilan proses pendidikan di sekolah. Saran yang dapat diberikan adalah, (1) kepala sekolah dan guru harus mampu menjadi suri tauladan yang baik, (2) sekolah perlu meningkatkan pemahaman orang tua akan pentingnya pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 18:13 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 18:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29550 |
Actions (login required)
View Item |