PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 BANYUMAS PADA MATA PELAJARAN IPA TATA SURYA


Briyan Anugerah Pekerti , 1102413014 (2017) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 BANYUMAS PADA MATA PELAJARAN IPA TATA SURYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi augmented reality pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tata surya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dilihat dari aspek pencapaian hasil belajar, Karena pada saat penelitian ditemukan bahwa media pembelajaran telah usang dan siswa kurang berminat dalam mengikuti pelajaran, Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Banyumas. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner) dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPA dalam pokok bahasan Tata Surya kelas IX. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase skor validasi rata-rata ahli media yaitu 92% dilihat dari 3 aspek yaitu aspek efisiensi aspek tampilan dan aspek kualitas teknis serta persentase skor validasi rata-rata ahli materi yaitu 90% dilihat dari aspek pembelajaran dan aspek ketepatan materi. Berdasarkan persentase rata- rata tersebut maka media termasuk dalam kategori sangat baik menurut ahli media dan ahli materi. Hasil uji keefektifan dengan uji t (paired sample t-test) menunjukkan nilai sig = 0.001, karena nilai sig lebih kecil dari 0.05 atau 0.001 < 0.05 maka H0 ditolak atau dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan Aplikasi Augmented Reality Tata Surya dan karena hal tersebut media dikatakan efektif. Keterbatasan yang ditemui dilapangan adalah hanya android versi gingerbread dan setelahnya yang dapat menjalankan aplkasi ini, dan peneliti menyarankan agar smartphone terkoneksi dengan internet agar pengguna mendapatkan pengalaman penggunaan aplikasi secara maksimal. Berdasarkan simpulan tersebut maka diharapkan guru dapat membuat media pembelajaran yang menarik serta inovatif agar bisa membuat siswa tertarik dan mempermudah siswa untuk memahami mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Tata Surya, Aplikasi, Pengembangan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 18:10
Last Modified: 29 Jan 2018 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29548

Actions (login required)

View Item View Item