PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP NEGERI 37 SEMARANG


Arlitya Stri Pritakinanthi , 11024121120 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP NEGERI 37 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (824kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu komunikasi yang digunakan untuk membantu menyampaikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, diperoleh data bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 37 Semarang masih bersifat konvensional, penggunaan sumber belajar dan media yang masih terbatas, serta kesulitan yang dialami siswa dalam belajar bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran serta mengukur tingkat keefektifan penggunaan media iSpring untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran iSpring layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 37 Semarang. Hal tersebut dibuktikan dengan uji kevalidan kelayakan media dari ahli media yang menunjukkan hasil rata-rata 84%. Prosentasi tersebut tergolong ke dalam kategori sangat baik dan layak untuk digunakan. Sedangkan dari ahli materi memberikan prosentase 93,3% pada aspek materi dan 96% pada aspek tampilan media. Hasil rata-rata prosentase sebesar 94,7% dapat dikategorikan sangat baik dan layak. Hasil perhitungan terhadap uji kesamaan rata-rata post test menunjukkan hasil thitung = 5,571 di mana hasil tersebut lebih besar dibandingkan >ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberi pembelajaran. Pada kelompok eksperimen, hasil belajar siswa lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran iSpring ini merupakan salah satu sarana media pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan penelitian ini (1) perlunya pengembangan media iSpring untuk digunakan dalam proses kegiatan belajar, (2) guru hendaknya mempersiapkan materi, strategi, serta mempersiapkan media pembelajaran yang baik agar mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, iSpring, ADDIE, Hasil Belajar, Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 18:01
Last Modified: 29 Jan 2018 18:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29543

Actions (login required)

View Item View Item