PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NUSA BHAKTI SEMARANG


Wawan Suryanto , 1102412101 (2017) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NUSA BHAKTI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412101.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik seara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Kurikulum 2013 menitik beratkan pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga komponen tersebut secara eksplisit dinyatakan dalam kompetensi inti yang harus dimiliki peserta didik. Kurikulum 2013 mengatur kegiatan pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah (scientific) yaitu mengamati, menanya, melatih, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Perubahan yang mendasar tersebut berdampak pada sistem penilaian yang lebih mengarah ke model pembelajaran yang di terapkan di sekolah. Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, model pembelajaran yang diutamakan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning), model pembelajaran Discovery (Discovery Learning), model pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning), dan model pembelajaran berbasis permasalahan (Problem Based Learning). Dalam hal ini peneliti akan melaksanakan penelitian problem based learning dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Menurut Kirk dan Miller dalam (Moleong, 2010:6) peneliti kualitatif adalah tradisi dalam ilmu sosial yang bergantung pada pengamatan manusia dan kawasan sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dan peristilahanya. Sedangakan peneliti meneliti model pembelajaran problem based learning yang berlangsung di SMK NUSA BHAKTI Semarang. Menurut Glazer (2001.h.89), mengemukakan problem based learning merupakan suatu strategi pembelajran dimana siswa secara aktif di hadapkan dengan masalah kompleks dalam situasi yang nyata. Sehubungan dengan model pembelajarang problem based leraning peneliti akan meneliti tentang pelaksanaan model pembelajaran problem based learning yaitu: Bagaimana perencanaan model pembelajaran problem based learning? Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran problem based learning? Bagaimana penilaian model pembelajaran problem based learning? Dari beberapa rumusan masalah di atas peneliti akan menyimpulkan hasil penelitian model pembelajaran di SMK NUSA BHAKTI Semarang di kelas X semester pertama mata pelajaran teknik komputer dan jaringan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan model pembelajaran problem based learning.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 17:44
Last Modified: 29 Jan 2018 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29540

Actions (login required)

View Item View Item