PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SIBI (SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA) BERBASIS FLASH MATERI BAGIAN DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS X SLB NEGERI SEMARANG


Wahyu Puji Atmoko , 1102412099 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SIBI (SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA) BERBASIS FLASH MATERI BAGIAN DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS X SLB NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412099.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (727kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan siswa tunarungu membuat mereka kesulitan dalam menerima informasi, memahami makna kata dan menarik kesimpulan. Media pembelajaran untuk siswa tunarungu sebaiknya dilengkapi dengan teks, gambar/ animasi, suara, dan video bahasa isyarat agar dapat memberikan penjelasan makna terhadap materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah membuat media pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa tunarungu dan mengetahui efektifitas media pembelajaran tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa tunarungu kelas X SLB Negeri Semarang. Media dikembangkan melalui: Tahap Analisis Kebutuhan, Tahap Desain, Tahap Pengembangan, Tahap Pengujian, dan Tahap Implementasi. Pengujian/ validasi kelayakan media dilakukan dengan menggunakan angket tertutup yang meliputi aspek materi dan media pembelajaran. Implementasi dilakukan dengan penilaian sebelum dan setelah penggunaan media (pretest dan posttest) pada pembelajaran IPA kelas X SLB Negeri Semarang dengan jumlah siswa 11 orang. Hasil validasi presentase kelayakan media pada aspek materi adalah 90,5% dan 76,94% pada aspek media pembelajaran, yang menunjukan bahwa media pembelajaran video SIBI untuk siswa tunarungu kelas X telah layak diterapkan pada pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X tunarungu SLB Negeri Semarang. Rata-rata nilai pretest siswa adalah 50,45, setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan media pembelajaran rata-rata nilai posttest siswa 76,81. Skor gain hasil pretest dan posttest adalah 20,36. Sedangkan skor rata-rata gain ternormalisir pretest dan posttest adalah 0,51 yang termasuk dalam kategori efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa media yang dikembangkan pada penelitian ini telah layak untuk diterapkan di kelas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi terkait dan memiliki efektifitas tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video SIBI, Siswa Tunarungu, Flash
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 17:41
Last Modified: 29 Jan 2018 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29539

Actions (login required)

View Item View Item