PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEMAK


Arif Maulana Malik , 1102412084 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran diperlukan media yang baik untuk mendukung praktik pembelajaran. Media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, memberikan dorongan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan dapat memberikan pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Hasil temuan dari observasi yang dilakukan di kelas VII, menunjukan metode konvensional yang dipilih oleh guru ternyata belum mampu mendongkrak minat siswa untuk belajar. Siswa banyak yang tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru di kelas. Siswa cenderung mudah cepat bosan, tidak fokus, dan kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga hal tersebut berdampak pada kurang maksimalnya hasil belajar yang ditunjukkan oleh siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan ingin mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash sekaligus ingin mengetahui efektifitas penggunaannya dalam pembelajaran IPA kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan ADDIE, sedangkan desain penelitian yang dipakai adalah pre-experimental design one-group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pembelajaran di kelas VII SMP N 2 Demak masih menggunakan metode konvensional, membuat rendahnya minat belajar siswa sehingga berdampak pada minimnya hasil belajar siswa; 2) Multimedia pembelajaran interaktif layak untuk digunakan, kriteria kelayakan dari ahli media dan ahli materi sangat baik; 3) Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hasil perhitungan diperoleh t hitung = 3,79904> t tabel = 2,03452. Karena t hitung > t tabel maka hipotesis (Ha) bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA setelah menerapkan multimedia pembelajaran interaktif pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Demak diterima dan media dikatakan efektif. Karena hal tersebut peneliti merekomendasikan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif ini pada pembelajaran IPA kelas VII, sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam pokok bahasan klasifikasi makhluk hidup, karena dapat memaksimalkan hasil belajar dari siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flash, IPA Kelas VII, Multimedia Pembelajaran Interaktif.
Subjects: L Education > L Education (General) > Interactive Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 17:36
Last Modified: 29 Jan 2018 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29538

Actions (login required)

View Item View Item