IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN PUNGANGAN 01 KECAMATAN LIMPUNG
Erni Wahyu Dwi Asih , 1102412027 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN PUNGANGAN 01 KECAMATAN LIMPUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (549kB) | Preview |
Abstract
Salah satu inovasi dalam kurikulum 2013 yaitu pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema/topik pembahasan. Tujuan dari penelitian ini antara lain:1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas IV di SD Negeri Pungangan 01. 2) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran tematik pada siswa kelas IV di SD Negeri Pungangan 01. 3) Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru kelas IV dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri Pungangan 01. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Pungangan 01 Kecamatan Limpung. Sumber data utama diperoleh dari informan utama yaitu guru kelas IV, kepala sekolah, peserta didik, dan data pendukung dokumen-dokumen, dan foto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini antara lain:1) Hasil temuan peneliti di SDN Pungangan 01 guru sudah menerapkan ketiga kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.2) Berdasarkan hasil wawancara, guru menjelaskan bahwa penilaian dalam pembelajaran menggunakan penilaian autentik dan meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.3) Dalam proses pembelajaran hal ini desebabkan karena kemampuan siswa yang tidak merata, buku pembelajaran belum terpenuhi. Guru kreatif dan inovatif dalam menyikapi kendala tersebut guru mencari sendiri buku pembelajaran yang sesuai dan mendownload di internet. Dalam proses pembelajaran guru menyeimbangkan karakteristik siswa dan menerapkan model pembelajaran semenarik mungkin agar pelajaran dapat dimengerti oleh siswa dan berjalan sesuai dengan tujuan. Saran dari penelitian ini adalah:1) Hendaknya kepala sekolah mengadakan pelatihan yang diberikan kepada guru.2) Hendaknya guru bisa lebih aktif mencari informasi yang berkaitan dengan kurikulum 2013 khusunya pembelajaran tematik.3) Dinas pendidikan hendaknya mampu mengambil keputusan untuk memberikan pelatihan kepada guru agar pemahaman guru lebih baik tentang implementasi pembelajaran tematik.4) pihak sekolah hendaknya mnyediakan buku serta media pembelajaran yang lebih lengkap agar proses kegiatan belajar mengajar dikelas bisa lebih menarik dan efisien bagi siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Tematik, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 17:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 17:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29535 |
Actions (login required)
View Item |