PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 2 PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEADAAN ALAM INDONESIA KELAS VII TAHUN AJARAN 2016/2017 DI MTS NEGERI SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS


Naufan Abghis Salam , 1102412026 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 2 PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEADAAN ALAM INDONESIA KELAS VII TAHUN AJARAN 2016/2017 DI MTS NEGERI SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (571kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Sumbang masih berjalan dengan metode konvensional, akibatnya pembelajaran menjadi membosankan dan tidak mampu menarik perhatian siswa. Siswa lebih senang bermain sendiri dan berbicara dengan temannya. Pembelajaran tanpa menggunakan media maupun alat peraga jelas menjadi salah satu faktor munculnya kebosanan siswa dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya media dalam pembelajaran. Sejalan dengan itu maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif articulate storyline 2 sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS dan untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran interaktif articulate storyline 2 pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VII A di MTs Negeri Sumbang yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskiptif presentase dan uji t sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah layak dan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari hasil penilaian ahli media yang memperoleh penilaian 89,5% untuk mutu teknis dan 87,4% untuk aspek media. Sedangkan untuk penilaian ahli materi yaitu 94,4% untuk aspek media dan 93,7% untuk aspek kesesuaian materi. Hasil penilaian tersebut menunjukan multimedia pembelajaran interaktif articulate storyline 2 masuk dalam kategori sangat baik. Uji efektivitas yang dilakukan dengan menggunakan teknik uji t satu sampel memperoleh hasil bahwa pada α = 5 % dengan dk=31-1 = 30 diperoleh t tabel = 2,042. Didapat t hitung = 13,81 > ttabel = 2,042. Karena t hitung > ttabel maka hipotesis (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif articulate storyline 2 layak dan dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Negeri Sumbang. Dari simpulan tersebut dapat disarankan multimedia pembelajaran interaktif articulate storyline 2 dapat menjadi alternatif media pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dalam mata pelajaran IPS di MTs Negeri Sumbang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, articulate storyline 2, mata pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 16:56
Last Modified: 29 Jan 2018 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29534

Actions (login required)

View Item View Item