PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 GROBOGAN


Bachtiar Dwi Yuliansya , 1102410006 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102410006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (518kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kendala pada saat guru menyampaikan pembelajaran mata pelajaran Sejarah pokok bahasan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Kurangnya metode dan media pembelajaran yang digunakan membuat hasil belajar siswa kurang maksimal. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, nilai yang dihasilkan siswa kelas X pada nilai ulangan harian hanya 60% siswa lulus kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan sisanya 40% yang tidak lulus KKM harus mengulang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif (MPI) dan mengetahui keefektifan MPI terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Grobogan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Research and Development. Kegiatan research dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan pengguna, sedangkan kegiatan development dilakukan untuk menghasilkan produk MPI. Setelah produk dihasilkan dapat dilanjutkan pada tahap implementation yakni penerapan. Tahap terakhir setelah penerapan yakni, mengevaluasi kekurangan yang ada pada MPI untuk dapat disempurnakan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif persentase. Penelitian ini lebih menitik beratkan pada bagaimana mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif tersebut sehingga data dianalisis dengan sistem deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa MPI yang peneliti kembangkan layak dan memenuhi syarat untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil validasi isi, tampilan, dan keefektifan produk oleh ahli materi sebesar 93,75% dinyatakan sangat baik. Selain itu, program MPI ini bisa dikatakan valid karena hasil pengujian juga diperoleh dari dua ahli media dengan nilai total rata-rata persentase 81,5% dinyatakan baik. Hasil tersebut diperoleh dari dua variabel yaitu aspek tampilan dan aspek fungsi dengan persentase skor rata-rata 73% untuk aspek tampilan dan 87% untuk aspek fungsi. Hasil uji efektifitas MPI terhadap hasil belajar siswa memperoleh hasil yang baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan data hasil tes siswa sebelum (pretest) dan setelah menggunakan MPI (postest). Rata-rata nilai siswa pada saat pretest yaitu 61,71 sedangkan rata-rata nilai siswa pada postest 87,29. Maka disimpulkan bahwa MPI ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Grobogan. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh sekolah dan mengembangkan media pembelajaran agar suasana belajar menjadi menarik dan lebih menyenangkan tanpa mengurangi isi dari materi pelajaran yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flash, Media Interaktif, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 15:55
Last Modified: 29 Jan 2018 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29530

Actions (login required)

View Item View Item