PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI AJAR PERBANDINGAN DI SMP MUHAMMADIYAH I KOTA TEGAL KELAS VII TAHUN AJARAN 2009/2010


Fiqi Ibnu Muzaki , 4101405608 (2010) PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI AJAR PERBANDINGAN DI SMP MUHAMMADIYAH I KOTA TEGAL KELAS VII TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI AJAR PERBANDINGAN DI SMP MUHAMMADIYAH I KOTA TEGAL KELAS VII TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI AJAR PERBANDINGAN DI SMP MUHAMMADIYAH I KOTA TEGAL KELAS VII TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (450kB) | Preview

Abstract

Kreativitas dan motivasi mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi kelangsungan masa depan dari tiap-tiap individu. Itu semua telah dibahas dan diungkapkan oleh beberapa tokoh yang memang berkompeten dalam bidang itu. Penelitian tentang kreativitas dan motivasi telah berlangsung cukup lama hingga sekarang ini. Pengaruh kreativitas dan motivasi juga akan berlaku sama untuk dunia pendidikan, karena poin terpenting dalam dunia pendidikan adalah para individu. Hal itulah yang membuat peneliti tertarik untuk mengangkat permasalahan tersebut di dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang dilakukan adalah experiment, dengan analisis regresi. Populasi yang dipilih adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah I Kota Tegal. Dari pengacakan sampel diperoleh 2 kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas Uji coba dan kelas VII E sebagai kelas experiment. Uji analisis dari penelitian ini didapatkan persamaan regresi gandanya nya adalah 1 2 Y = 5,860 + 0,603 X + 0,332 X ∧ . Model dari persamaan regresi tersebut berarti, karena Fhitung > Ftabel. Ada pengaruh yang cukup signifikan antara kreativitas dan motivasi belajar terhadap kemampuan siswa menyelesaikan masalah. Hal itu ditunjukkan dengan nilai R2=0,663. Pengaruh kreativitas belajar dalam penelitian ini lebih besar dari pada motivasi belajar. Besarnya pengaruh terlihat dari r y12 = 0,680 > ry21 = 0,345. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kreativitas dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan siswa menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, Motivasi Belajar, Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 03:45
Last Modified: 25 Apr 2015 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2953

Actions (login required)

View Item View Item