PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERCETAK RM. AYAM KOTA PEKALONGAN


Satrio Adhi Nugroho , 2411409038 (2016) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERCETAK RM. AYAM KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411409038.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (641kB) | Preview

Abstract

RM. AYAM merupakan rumah makan yang menonjolkan aneka menu masakan ayam yang didirikan oleh Ibu Hj. Afifah yang berdiri tahun 2013, berada di Jalan Gajah Mada Barat Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Ibu Hj. Afifah juga sadar bahwa usaha yang didirikannya tidak mudah berkembang, hal tersebut disebabkan oleh usaha-usaha rumah makan ayam di Kota Pekalongan kian banyak sehingga membuat usaha RM. AYAM dihadapkan pada persaingan bisnis serupa. Faktor lain adalah kegiatan promosi kurang optimal sehingga keberadaannya kurang diketahui oleh masyarakat luas khususnya masyarakat di luar Kota Pekalongan. Melihat hal tersebut maka dibutuhkan media promosi agar masyarakat mengetahui keberadaannya. Proyek studi ini bertujuan untuk menyajikan ide dan kreasi dalam merancang media promosi tercetak dan menghasilkan rancangan karya media promosi tercetak dalam bentuk poster, katalog, x-banner, leaflet, kalender, dan sticker. Pembuatan sebuah karya membutuhkan sebuah proses dari berbagai tahapantahapan, antara lain: penetapan konsep, strategi media, persiapan memotret, memotret, seleksi foto, editing foto, merancang tata letak/ layout, penerapan konten, konsultasi dosen pembimbing, konsultasi klien, prin out/ pencetakan, publikasi, persiapan pameran, penyajian karya. Hasil dari proyek studi ini adalah rancangan media promosi tercetak dalam bentuk poster, katalog, X-banner, leaflet, kalender, dan sticker yang baik sehingga dapat dimanfaatkan oleh RM. AYAM. Keenam karya proyek studi sebagian besar menggunakan prinsip keseimbangan simetris, dominasi warna hijau, dan didominasi dengan gambar atau foto bangunan dan makanan pada setiap karyanya. Pemilihan jenis huruf sebagian besar pada semua karya menggunakan jenis huruf Eras Bold ITC dan Browallia New. Pembuatan karya media promosi berfungsi untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat tentang rumah makan RM. AYAM sehingga dapat memberikan informasi dan mempengaruhi konsumen untuk datang ke rumah makan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perancangan, Media Promosi Tercetak, RM. AYAM Kota Pekalongan.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 29 Jan 2018 14:46
Last Modified: 29 Jan 2018 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29529

Actions (login required)

View Item View Item