KREASI VIDEO KLIP BAND ALLICE AWAKENING SEBAGAI MEDIA PROMOSI


Abdul Mushowir Al Jamal , 2411409014 (2016) KREASI VIDEO KLIP BAND ALLICE AWAKENING SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411409014.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (340kB) | Preview

Abstract

Allice Awakening merupakan band indie asal Pati yang berdomisili di Semarang. Allice Awakening merupakan band dengan genre post-hardcore. Post-hardcore adalah genre musik yang berasal dari genre musik punk hardcore, yang biasanya menampilkan tempo sangat cepat, volume keras dan tingkat bass berat. Penggemar musik post-hardcore di Indonesia masih sedikit jika dibandingkan dengan musik pop yang sedang menjadi trend saat ini. Dengan alasan tersebut, maka band Allice Awakening perlu dibuatkan sebuah kreasi video klip untuk mempromosikan karya musiknya. Video Klip dipilih sebagai media promosi sebuah band karena video klip merupakan salah satu sarana promosi karya musik yang efektif baik untuk solo maupun band. Dalam pembuatan Proyek studi ini, dilakukan beberapa proses untuk berkarya, yaitu konsultasi dengan klien yang akan dibuat, penentuan target audience, pengembangan ide, pembuatan storyboard, pencarian lokasi pengambilan gambar, pemilihan model, pengambilan gambar, pengeditan video, serta sharing dan preview karya. Konsep video klip dari band Allice Awakening yang berjudul City Of Damnation terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama yaitu pengambilan video seluruh personil band Allice Awakening yang sedang menunjukkan aksi mereka saat membawakan lagu City Of Damnation. Bagian kedua yaitu berupa konsep cerita yang menggambarkan lagu City Of Damnation. Bagian ini ditampilkan seorang wanita sebagai talent. Pada bagian ketiga yaitu ditampilkan seluruh personil band Allice Awakening yang sedang memainkan lagu City of Damnation pada keadaan gelap hanya disinari cahaya flare. Proyek studi ini menghasilkan sebuah kreasi video klip dari band Allice Awakening dengan teknik live shoot dengan beberapa efek visual menarik yang memiliki pesan tersendiri dalam video klip tersebut. Pembuatan video klip ini memberi pesan kepada audience bahwa Allice Awakening merupakan band indie yang memiliki kualitas bermusik yang baik dan memiliki eksistensi dalam dunia musik tanah air. Video klip yang telah dibuat dijadikan sebgai media promosi yang sangat baik dan lebih efisien. Durasi pada video klip band Allice Awakening adalah 4 menit sesuai dengan durasi lagu City of Damnation. Dengan durasi tersebut, video klip dapat dengan mudah untuk diunggah ke media sosial karena ukuran file yang tidak terlalu besar. Pada proses pembuatan video klip ini diperlukan beberapa aplikasi editing, yaitu Adobe Premiere, Adobe After Effect, dan Sony Vegas Pro. Pada pembuatan iklan ini lebih banyak menggunakan aplikasi Sony Vegas Pro untuk menjahit, memberi transisi, menambahkan efek, dan memasukkan backsound, hingga proses rendering.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Video klip, media promosi
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 29 Jan 2018 14:36
Last Modified: 29 Jan 2018 14:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29526

Actions (login required)

View Item View Item