LEKSIKON TRADISI NGLARUNG RAWA DI RAWA PENING KECAMATAN BANYUBIRU (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)


Septi Luqmanawati , 2611410016 (2016) LEKSIKON TRADISI NGLARUNG RAWA DI RAWA PENING KECAMATAN BANYUBIRU (KAJIAN ETNOLINGUISTIK). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2611410016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (276kB) | Preview

Abstract

Upacara adat merupakan upacara yang rutin dilakukan dalam keagamaan, adat istiadat, dan kebudayaan suatu daerah. Tradisi menyambut bulan Suro merupakan hal yang sudah menjadi salah satu budaya penting bagi masyarakat Jawa. Upacara rutin yang dilaksanakan setiap tahun tersebut memiliki leksikon yang juga terdapat dalam tradisi Nglarung Rawa di Rawa Pening yang terdapat di Kecamatan Banyubiru. Nglarung Rawa merupakan suatu tradisi yang dilaksanakan setiap tahun di bulan Suro atau Muharram. Masalah penelitian ini ialah (1) bagaimana bentuk leksikon dalam tradisi Nglarung Rawa di Rawa Pening; (2) bagaimana makna leksikon dalam tradisi Nglarung Rawa di Rawa Pening; (3) bagaimana cerminan kebudayaan yang terdapat dalam tradisi Nglarung Rawa di Rawa Pening. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui bentuk leksikon dalam tradisi Nglarung Rawa di Rawa Pening; (2) mendeskripsikan makna leksikon dalam tradisi Nglarung Rawa di Rawa Pening; (3) mendeskripsi cerminan kebudayaan yang terdapat dalam tradisi Nglarung Rawa di Rawa Pening. Data penelitian ini ialah berupa tuturan dari warga setempat yang mengandung leksikon. Sumber data penelitian ini diperoleh secara lisan dari para warga Kecamatan Banyubiru. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan etnolinguistik, sedangkan metode yang digunakan bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merupakan leksikon berupa kata dasar dan frasa. Berdasarkan klasifikasi bentuk, makna, serta cerminan budaya dari leksikon yang diklasifikasikan berdasarkan aktivitas, alat, makanan, dan tempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nglarung rawa, etnolinguistik, bentuk dan makna leksikon, cerminan budaya.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 29 Jan 2018 14:31
Last Modified: 29 Jan 2018 14:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29525

Actions (login required)

View Item View Item