PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERCETAK KOPI TARIK UNGARAN


Komang Verdiansyah , 2411409013 (2016) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERCETAK KOPI TARIK UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411409013.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (321kB) | Preview

Abstract

Kopi Tarik Ungaran adalah sebuah kedai kopi yang sangat sederhana yang berada di Jl. Kartini 230 B, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kopi Tarik Ungaran menyajikan berbagai menu olahan minuman diantaranya kopi tarik itu sendiri yang menjadi minuman khas. Kopi Tarik Ungaran belum mengolah media publikasi dalam bentuk tercetak. Selama ini informasi dan bentuk komunikasi pemasaran tentang Kopi Tarik Ungaran telah dilakukan dengan pembuatan media online berupa blogspot, facebook dan google+ tetapi media tersebut tidak ada pembaharuan dalam waktu yang lama. Perlu adanya pembuatan media komunikasi visual yang mendukung atau alternatif media promosi kedai Kopi Tarik Ungaran dan produknya. Banyaknya kedai kopi yang ada di kota Ungaran Kabupaten Semarang memunculkan persaingan. Terkait dengan kondisi tersebut dipandang perlu adanya media pendukung atau alternatif media promosi untuk mempromosikan Kopi Tarik Ungaran berupa media promosi tercetak. Promosi dilakukan untuk menginformasikan atau memberitahukan tentang Kopi Tarik Ungaran. Tujuan proyek studi ini adalah menghasilkan rancangan media promosi tercetak berupa logo, poster, x- banner, leaflet, kalender dan merchandise (kaos,pin, gantungan kunci, mug, tote bag, topi, stiker). Promosi tercetak ini diharapkan dapat membantu pengunjung dan audiens dalam mendapatkan informasi tentang Kopi Tarik Ungaran sehingga dapat meningkatkan kunjungan. Media yang digunakan dalam proses penciptaan karya yaitu Optical Mouse Logitech, Printer Canon Pixma MP287, modem, flashdisk, kamera digital single lens reflex (DSLR) Canon EOS 550D, Personal Computer (PC) dan beberapa alat pendukung seperti software yang digunakan Adobe Photoshop CS6, Adobe Ilustrator CS6 dan Corel Draw X4. Proses berkarya adalah: (1) Penetapan Konsep Desain, (2) Studi Kepustakaan, (3) Penentuan Khalayak Sasaran, (4) Pengumpulan Data Pendukung, (5) Pemotretan, (6) Seleksi Gambar, (7) Proses Lay out, (8) Konsultasi Dosen Pembimbing, (9) Proses Pencetakan, (10) Penyajian Karya. Dalam proses pembuatan keseluruhan karya memperhatikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain, seperti garis, ruang, warna, tekstur. Keseimbangan, dominasi, kesatuan sehingga tercipta desain yang estetis. Foto atau gambar kemudian diolah menggunakan aplikasi Adobe Photoshop sedangkan lay out memakai software Adobe Ilustrator dan Corel Draw. Ciri umum dari desain lay out tersebut yaitu selalu menampilkan logo Kopi Tarik Ungaran. Desain dominan menggunakan warna bernuansa lembut atau Soft, pemilihan warna coklat, coklat muda mewakili kesan vintage. Pesan yang terkandung bersifat informatif dan pengingat. Dari penyusunan laporan Proyek Studi yang berjudul Perancangan Media Promosi Tercetak Kopi Tarik Ungaran telah menghasilkan karya media promosi tercetak berupa logo, poster, x- banner, leaflet, kalender dan merchandise (kaos,pin, gantungan kunci, mug, tote bag, topi, stiker) sesuai dengan tujuan yang dirancang sebagai media promosi tercetak Kopi Tarik Ungaran. Pembuatan karya media promosi berfungsi untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat tentang kedai Kopi Tarik Ungaran sehingga dapat memberikan informasi dan mempengaruhi konsumen untuk datang ke kedai Kopi Tarik Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perancngan, Media Promosi Tercetak, Kopi Tarik Ungaran
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 29 Jan 2018 14:28
Last Modified: 29 Jan 2018 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29524

Actions (login required)

View Item View Item