RUMAH ADAT JAWA DALAM TEKS KAWRUH KAMBENG


Adi Ginanjar Guna Firsanto , 2611409024 (2016) RUMAH ADAT JAWA DALAM TEKS KAWRUH KAMBENG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2611409024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (365kB) | Preview

Abstract

Serat Kawruh Kambeng (SKK) merupakan naskah yang membahas rumah adat Jawa. Isi dari teks SKK merupakan petunjuk atau tatacara membangun rumah adat Jawa secara terperinci, baik bahan yang digunakan serta ukuran tiap bagiannya. Bahasa SKK masih relevan dengan perkembangan kosakata bahasa Jawa saat ini. Hal tersebut yang melatar belakangi teks SKK menarik untuk diteliti. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana menyajikan teks SKK sesuai dengan kajian filologis. Adapun tujuan penelitian ini adalah menyajikan teks SKK sesuai dengan kajian filologis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian SKK adalah pendekatan filologi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks SKK. Sumber data diperoleh dari naskah SKK nomor SMP–RP 225 berisi 22 bab yang masih tersimpan di Perpustakaan Museum Radyapustaka Jl. Slamet riyadi 275 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode naskah tunggal edisi standar. Adapun terjemahan teks SKK menggunakan metode terjemahan bebas untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi teks SKK. Penelitian ini meyajikan teks yang sahih menurut kajian filologis Isi dari 22 bab tersebut adalah: (1) tentang makutha (2) tentang ukuran dalam blandar pangeret (3) (4) tentang pembuatan sunduk (5) tentang santen (6) tentang genja (7) tentang molo (8) tentang ander (9) tentang dudur (10) tentang takir tadah (11) tentang blandar panangkap atau sunduk griya joglo (12) tentang blandar wah sunduk emper griya joglo (13) tentang blandar wah sunduk dalam griya limasan (14) tentang blandar wah sunduk emper dalam griya limasan (15) tentang blandar pananggap atau sunduk dalam giya taju (16) tentang blandar atau sunduk emper griya taju (17) tentang tumpang sari (18) tentang usuk (19) tentang reng (20) tentang sirap (21) tentang plisir (22) tentang wuwung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai sumber data penelitian untuk membantu meneliti SKK dalam bidang ilmu lain, seperti ilmu linguistik, ilmu budaya, dan ilmu sastra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: filologi, SKK, perkayuan, dan joglo.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 29 Jan 2018 14:07
Last Modified: 29 Jan 2018 14:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29520

Actions (login required)

View Item View Item