PERACANGAN WEBSITE MEDIA PROMOSI PRODUK UMKM CENTER KABUPATEN TEMANGGUNG
Perdana Hary Susetyo , 2411312025 (2016) PERACANGAN WEBSITE MEDIA PROMOSI PRODUK UMKM CENTER KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (346kB) | Preview |
Abstract
Menghadapi persaingan ekonomi global yang semakin ketat menjadi ancaman tersendiri bagi UMKM. Pemasaran produk UMKM secara offline saat ini terkendala jangkauan area penjualan yang terbatas oleh karena itu UMKM center Temanggung sebagai wadah bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Temanggung membutuhkan media promosi produk berbasis internet yang tepat untuk menjangkau konsumen global. Tujuan utama pembuatan tugas akhir ini adalah menghasilkan rancangan website UMKM center Temanggung. Media tersebut dapat memberi pengaruh positif terhadap brand awareness tiap produk UMKM Temanggung, memperluas segmentasi pasar, meningkatkan citra produk, meningkatkan jumlah konsumen secara global sehingga visi dan misi UMKM center Temanggung dapat terpenuhi. Proses penciptaan karya meliputi: (1) Proses preliminary antara lain proses riset meliputi wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi, kuisioner dan proses analisis data meliputi kebutuhan klien, kebutuhan konsumen, target audiens, kompetitor (2) Tahap pra produksi meliputi strategi perancangan, strategi kreatif, konsep visual, site map, tipografi, dan warna (3) Tahap produksi meliputi desain web, pemrograman web, dan menggabungkan desain dan program web (4) Tahap post produksi meliputi publishing dan evaluasi. Tugas akhir telah menghasilkan sebuah rancangan media berupa website yang terintegrasi sistem jual beli produk UMKM asli Temanggung secara virtual serta bersifat responsive. Website UMKM center Temanggung menggunakan warna hijau, coklat, coklat krem, dan biru sebagai palet warna dalam website-nya sesuai hasil riset warna yang paling dominan mencerminkan Temanggung menurut audiens. Menggunakan jenis font san serif yaitu ubuntu dan dosis sebagai headings dan paragraf. Sasaran utama dari websiteUMKMcenter Temanggung ini yaitu user berusia 17 tahun keatas. Perancangan website ini berguna sebagai katalog online dari produk UMKM Temanggung yang terdiri dari berbagai macam kategori produk sekaligus media penjualan produknya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Website, UMKM Center Temanggung |
Subjects: | N Fine Arts > ND Painting N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 13:56 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 13:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29515 |
Actions (login required)
View Item |