TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM DAKWAH KYAI HAJI ANWAR ZAHID (KAJIAN PRAGMATIK)


Noviana Fimbry Pusparini , 2601412138 (2016) TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM DAKWAH KYAI HAJI ANWAR ZAHID (KAJIAN PRAGMATIK). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412138.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (335kB) | Preview

Abstract

Tindak tutur ekspresif adalah tindak tutur yang menyatakan sesuatu yang dirasakan oleh penutur. Penelitian ini membahas tentang tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam dakwah K. H. Anwar Zahid. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bentuk tindak tutur ekspresif dalam dakwah K. H. Anwar Zahid; (2) fungsi tindak tutur ekspresif dalam dakwah K. H. Anwar Zahid. Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi bentuk tindak tutur dalam dakwah K. H. Anwar Zahid, dan dapat mengidentifikasi fungsi tindak tutur ekspresif dalam dalam dakwah K. H. Anwar Zahid. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatis dan deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah dakwah K. H. Anwar Zahid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik simak meliputi teknik sadap dan teknik bebas libat cakap. Selain itu, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknitk rekam dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) pada dakwah K. H. Anwar Zahid. Hasil dari penelitian ini antara lain (1) bentuk tindak tutur ekspresif dalam dakwah K. H. Anwar Zahid yang terdiri dari tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, dan tindak tutur perlokusi. Berikut merupakan contoh bentuk tindak tutur ilokusi; (2) fungsi tindak tutur ekspresif dalam dakwah K. H. Anwar Zahid meliputi fungsi bergurau, berterima kasih, ketidaksukaan, memaki, memberi salam, meminta maaf, memuji, mencemooh, mengakui, mengeluh, mengkritik, menyalahkan, pengharapan, menyindir, menyombongkan diri, dan yakin. Berikut merupakan contoh tindak tutur espresif dengan fungsi berterima kasih. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan penelitian tindak tutur yang lainnya, agar melakukan penelitian selain tindak tutur ekspresif dalam dakwah K. H. Anwar Zahid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur, Ekspresif, Dakwah, Bentuk, Fungsi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 29 Jan 2018 13:56
Last Modified: 29 Jan 2018 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29514

Actions (login required)

View Item View Item