PENGGUNAAN PROGRAM LIVEWIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEORI LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENDINGIN SMK NEGERI 2 KENDAL


ARIE WIDHIYANTO , 5301405067 (2010) PENGGUNAAN PROGRAM LIVEWIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEORI LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENDINGIN SMK NEGERI 2 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN PROGRAM LIVEWIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEORI LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENDINGIN SMK NEGERI 2 KENDAL]
Preview
PDF (PENGGUNAAN PROGRAM LIVEWIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEORI LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENDINGIN SMK NEGERI 2 KENDAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah adanya penggunaan model pembelajaran Teacher Center Learning (TCL) yang dari awal sampai akhir sebagian besar dari proses pembelajaran dikendalikan guru, sehingga kegiatan belajar mengajar kurang efektif karena adanya pemaksaan untuk pemahaman materi. Suatu variasi pembelajaran terprogram adalah dengan menggunakan komputer untuk menyajikan bahan-bahan pelajarannya disebut pembelajaran dengan bantuan komputer (Computer Assisted Instruction = CAI) dapat dilakukan sebagai salah satu solusi. Penggunaan Program Livewire sebagai media pembelajaran dengan pendekatan PAKEM adalah konsep model Pembelajaran yang membuat siswa dan guru aktif, dengan begitu berkembanglah kreativitas baik siswa maupun guru sehingga proses itu berjalan dengan efektif, dan akhirnya menyenangkan bagi semua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan Penggunaan Program Livewire Sebagai Media Pembelajaran Teori Listrik Dan Elektronika pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pendingin SMK Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2009/2010. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Quasi experiment dengan metode One Shot Case Study yang di dalamnya terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, observasi dan refleksi. Penelitian berlangsung dengan model pendekatan yang menggunakan satu kali pengumpulan data pada penelitian kasus ini yang diperkirakan sudah mempunyai pengaruh. Metode yang di terapkan yaitu metode dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diperoleh menunjukkan nilai tertinggi adalah 89 dan nilai terendah 69 dengan nilai rata rata 82,228. dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 85,71 %. Secara klasikal ketuntasan belajar telah mencapai 85 %. Hasil belajar afektif siswa diperoleh presentase 66% masuk dalam kriteria tinggi. Sedangkan hasil belajar psikomotorik diperoleh presentase 83% masuk dalam kriteria tinggi. Kemudian tanggapan siswa yang menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran program Livewire pada mata diklat Teori Listrik dan Elektronika secara umum termasuk kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran program Livewire pada mata diklat Teori Listrik dan Elektronika terjadi keberhasilan pada hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotorik) siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan pada proses pembelajaran berkelanjutan guru dapat menggunakan Program Livewire Sebagai Media Pembelajaran dengan pendekatan PAKEM, sehingga menumbuhkan ketertarikan dan kreatifitas terhadap kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program Livewire, Media Pembelajaran, Teori listrik dan Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 03:30
Last Modified: 25 Apr 2015 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2951

Actions (login required)

View Item View Item