HAMBATAN BELAJAR BAHASA JAWA BAGI SISWA ETNIS TIONGHOA DI SMA KEBON DALEM SEMARANG
Yosefin Ika Karinawati , 2601413135 (2016) HAMBATAN BELAJAR BAHASA JAWA BAGI SISWA ETNIS TIONGHOA DI SMA KEBON DALEM SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (636kB) | Preview |
Abstract
SMA Kebon Dalem merupakan salah satu sekolah swasta di Kota Seamarang yang mayoritas siswanya adalah etnis Tionghoa. Setelah adanya peraturan pemerintah tentang diwajibkannya bahasa Jawa untuk diajarkan di sekolah Jawa Tengah, SMA Kebon Dalem baru mengajarkan mata pelajaran bahasa Jawa untuk para siswanya. Oleh karena budaya Jawa yang berbeda dengan budaya Tionghoa, menyebabkan siswa tersebut mengalami hambatan dalam belajar bahasa Jawa. Faktor internal dan eksternal siswa menyebabkan siswa etnis Tionghoa mengalami hambatan dalam belajar bahasa Jawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses belajar bahasa Jawa pada siswa etnis Tionghoa di SMA Kebon Dalem Semarang, (2) apa saja hambatan yang dialami oleh siswa etnis Tionghoa di SMA Kebon Dalem Semarang saat belajar bahasa Jawa. Subjek penelitian dalam penellitian ini adalah siswa etnis Tionghoa kelas XI di SMA Kebon Dalem. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik kuesioner, dan teknik wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, kuesioner, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat proses belajar bahasa Jawa berlangsung, bahasa yang digunakan guru adalah bahasa Indonesia. Beberapa materi yang tidak diajarkan oleh guru, yaitu mendengarkan musyawarah, mendengarkan wawancara, membaca pemahaman paragraf berhuruf Jawa, dan menulis wacana sederhana menggunakan bahasa Jawa. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa didapatkan banyak siswa yang belum merasakan manfaat yang berarti dalam mempelajari bahasa Jawa. Siswa juga merasa kesulitan untuk berbahasa Jawa dengan baik dan benar saat berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Hambatan belajar bahasa Jawa yang dialami siswa disebabkan oleh faktor internal (minat dan perhatian) dan faktor eksternal (keluarga, sekolah, dan lingkungan) yang tidak saling mendukung. Hambatan yang dialami siswa pada aspek mendengarkan, yaitu siswa kesulitan untuk memahami isi dari materi yang didengar. Hambatan yang dialami siswa pada aspek berbicara, yaitu mininnya pengetahuan kosakata bahasa Jawa yang dimiliki saat membahas atau mendiskusikan isi geguritan dan tembang macapat secara mandiri, kesulitan untuk membedakan kapan suatu kata harus dilafalkan [a], [ɔ], [Ι], [i], [e], [ɛ], [ə], [o], [ɔ], dan [t], [d], [ɖ], [ʈ], kesulitan untuk menyampaikan sambutan dalam bentuk pambagyaharja dan berdialog sesuai intonasi yang baik dan benar. Hambatan yang dialami siswa pada aspek membaca, yaitu siswa kesulitan untuk melafalkan cakepan tembang, kesulitan untuk menirukan nada tembang macapat,kesulitan untuk membedakan kapan suatu kata harus dilafalkan [a], [ɔ], [Ι], [i], [e], [ɛ], [ə], [o], [ɔ], dan [t], [d], [ɖ], [ʈ] saat membaca nyaring naskah pidato, dan kesulitan untuk membaca sesuai intonasi yang baik dan benar. Hambatan yang dialami siswa pada aspek menulis, yaitu minimnya pengetahuan kosakata bahasa Jawa yang dimiliki siswa, sehingga mengalami kesulitan untuk menulis menggunakan bahasa Jawa secara mandiri. Berdasarkan temuan tersebut, saran yang diberikan yaitu (1) perlu adanya peningkatan sarana belajar bahasa Jawa, seperti kamus Bahasa Jawa, yang akan membiasakan siswa untuk mencari kosakata bahasa Jawa secara mandiri, (2) siswa perlu dibiasakan menggunakan bahasa Jawa mulai dari hal yang sederhana, seperti memberi salam, meminta ijin, bertanya atau berkomunikasi, sehingga pengetahuan kosakata bahasa Jawa mereka semakin bertambah, (3) hendaknya guru menggunakan dan menerapkan model serta media pembelajaran yang membantu siswa dalam proses belajar bahasa Jawa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hambatan belajar, bahasa Jawa, etnis Tionghoa. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 17:34 |
Last Modified: | 26 Jan 2018 17:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29508 |
Actions (login required)
View Item |