BAHASA UMPATAN KULI PANGGUL BAWANG DI PASAR LEGI SURAKARTA (KAJIAN PRAGMATIK)


Nugroho Setiawan , 2601412127 (2016) BAHASA UMPATAN KULI PANGGUL BAWANG DI PASAR LEGI SURAKARTA (KAJIAN PRAGMATIK). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412127.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (218kB) | Preview

Abstract

Umpatan sama artinya dengan makian, artinya adalah mengeluarkan kata-kata (ucapan) keji (kotor, kasar, dsb) sebagai pelampiasan kemarahan atau rasa jengkel (KBBI, 2008: 863). Umpatan atau pisuhan termasuk komunikasi verbal yang menjalankan fungsi emotif bahasa dan bertujuan untuk menyatakan perasaan. Penelitian ini membahas tentang bahasa umpatan kuli panggul bawang di Pasar Legi Surakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bentuk umpatan kuli panggul bawang di Pasar Legi Surakarta; (2) fungsi umpatan kuli panggul bawang di Pasar Legi Surakarta. Berdasarkan masalah yang dibahas diharapkan tujuan penelitian untuk mengidentifikasi bentuk umpatan yang digunakan kuli panggul bawang di Pasar Legi Surakarta dan mendeskripsi fungsi umpatan yang digunakan kuli panggul bawang di Pasar Legi Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dan sumber data penelitian ini berupa tuturan kuli panggul bawang di Pasar Legi Surakarta yang diduga mengandung umpatan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kuli panggul bawang yang pekerjaannya mengangkut bawang di Pasar Legi Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik rekam, simak libat cakap,dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi atau analisis konten (content analysis). Penelitian ini disajikan dengan teknik formal dan informal. Hasil dari penelitian ini antara lain (1) bentuk umpatan kuli panggul bawang di Pasar Legi Surakarta yang terdiri dari kata (dasar dan turunan), frasa ( nomina dan adjektiva), dan klausa (nomina dan adjektiva). (2) fungsi umpatan kuli panggul bawang di Pasar Legi Surakarta adalah untuk mengungkapkan perasaan marah, menyesal, kesal, menghina, heran, kecewa, dan keakraban.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Umpatan, kuli panggul bawang, pragmatik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 26 Jan 2018 14:35
Last Modified: 26 Jan 2018 14:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29505

Actions (login required)

View Item View Item