PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SERAT WULANGREH PUPUH KINANTHI BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN KUDUS
Diah Kurniati , 2601412103 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SERAT WULANGREH PUPUH KINANTHI BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (557kB) | Preview |
Abstract
Serat Wulangreh pupuh Kinanthi merupakan salah satu materi yang terdapat pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII semester 2. Berdasarkan pengamatan selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan observasi yang telah dilakukan di SMP, nampak para siswa kurang termotivasi dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Mereka beralasan bahwa bahasa yang digunakan pada materi tersebut sangat susah untuk dimengerti, sehingga mereka cepat merasa bosan. Metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar masih belum efektif. Untuk itu, pada materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi ini, diperlukan media pembelajaran yang efektif dan memudahkan peserta didik dalam memahami isi dari materi tersebut. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual dan menguji cobakan hasil jadi media tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual untuk siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Kudus, (2) pengembangan media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual untuk siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Kudus, (3) uji coba produk media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual untuk siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Data diperoleh dari siswa, guru, dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Observasi dilakukan untuk mengetahui kondisi siswa dan guru dalam pembelajaran. Wawancara dilakukan kepada guru. Dokumentasi digunakan untuk mencari data-data pendukung penelitian. Angket terbagi menjadi tiga, yaitu angket kebutuhan siswa, guru, dan uji validasi ahli. Tes digunakan untuk mengetahui hasil uji coba dari media pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu media audio visual materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual dibutuhkan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi. Media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual ini berupa rekaman tembang yang diberi ilustrasi cerita sehingga berbentuk seperti video klip. Cerita yang dijadikan ilustrasi diambil dari cerita sehari-hari siswa sehingga lebihkontekstual serta mudah diterima dan dipahami oleh siswa. Durasi dari media berbasis audio visual ini sekitar 7 menit 21 detik. Hasil pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi siswa kelas VIII F SMP 1 Kudus mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual. Peningkatan kemampuan siswa ini dapat dilihat dari hasil tes prapemberlakuan media dan hasil tes pemberlakuan media. Hasil prapemberlakuan media rata-rata 68,75. Setelah diberikan pemberlakuan media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual, nilai rata-rata siswa menjadi 83,18, artinya terjadi peningkatan presentase sebesar 21% dari prapemberlakuan. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual layak digunakan sebagai media pembelajaran materi tersebut. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini (1) media ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi bagi siswa kelas VIII SMP, (2) media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi berbasis audio visual ini perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan media dalam pembelajaran. (3) disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan media pembelajaran materi Serat Wulangreh pupuh Kinanthi dengan jenis baru untuk memperkaya media pembelajaran materi tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Serat Wulangreh pupuh Kinanthi |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 13:42 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 13:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29499 |
Actions (login required)
View Item |