PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA JAWA TRADISIONAL KETHOPRAK BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)


SUNGGING WIDAGDO, 0202509009 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA JAWA TRADISIONAL KETHOPRAK BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING). Masters thesis, Uniersitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (368kB) | Preview

Abstract

Kajian lapangan menunjukan, nilai menulis naskah ketoprak mahasiswa lebih rendah dibandingkan nilai pada kompetensi menulis lainnya. Mahasiswa maupun dosen pengampu merasa kesulitan dalam proses pembelajaran menulis naskah ketoprak. Kondisi ini muncul sebagai akibat minimnya buku referensi menulis naskah ketoprak. Pengembangan buku pengayaan menulis naskah menjadi kebutuhan subtansial untuk menangani permasalahan tersebut. Buku pengayaan menulis naskah ketoprak dikembangkan dengan menerapkan prinsip-prinsip discovery learning. Permasalahan penelitian dirumuskan dalam tiga pertanyaan berikut ini. (1) Bagaimana kebutuhan dan karakteristik produk penelitian? (2) Bagaimana penyusunan dan pengembangan produk penelitian? (3) Bagaimana validitas dan efektivitas produk penelitian? Tujuan penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah, yaitu: (1) mendeskripsikan kebutuhan dan karakteristik produk penelitian; (2) menguraikan penyusunan dan pengembangan produk penelitian; dan (3) menyajikan validitas dan efektivitas produk penelitian. Penelitian dicapai melalui metode educational R&D dengan model Dick & Carey. Penelitian dilaksanakan dalam sembilan tahap yaitu: (1) asesmen dan analisis kebutuhan; (2) analisis instruksional; (3) analisis latar dan konteks; (4) pengembangan instrumen; (5) pengembangan strategi; (6) penyusunan prototipe produk; (7) evaluasi formatif one on one (uji ahli); (8) evaluasi formatif uji kelompok kecil; dan (9) evaluasi formatif uji kelompok besar. Hasil penelitian disajikan dalam tiga domain. Pertama, kajian lapangan menunjukan adanya kebutuhan lapangan terhadap buku pengayaan menulis naskah ketoprak yang mampu meningkatkan minat, kreativitas, dan keterampilan menulis naskah ketoprak. Kedua, penyusunan prototipe produk dikembangkan berdasarkan penerapan strategi pembelajaran penemuan melalui proses stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan infomasi, pengolahan informasi, verifikasi, dan generalisasi. Ketiga, produk penelitian memiliki validitas isi yang memuaskan. Produk terbukti efektif meningkatkan kompetensi menulis naskah ketoprak dengan t hitung (-91.622) dan taraf signifikansi (α 0.000). Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai rujukan teoretis bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 25 Jan 2018 13:35
Last Modified: 25 Jan 2018 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29495

Actions (login required)

View Item View Item