ANALISIS KESALAHAN MENULIS KALIMAT BERHURUF JAWA PADA SISWA KELAS V SD SE-KABUPATEN BATANG


Safaroh Nurul Yatimah , 2601412089 (2016) ANALISIS KESALAHAN MENULIS KALIMAT BERHURUF JAWA PADA SISWA KELAS V SD SE-KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (626kB) | Preview

Abstract

Pemahaman dari siswa mengenai huruf Jawa akan sangat membantu dan memperlancar siswa dalam kegiatan menulis huruf Jawa terutama pada kata dan kalimat.Siswa kurang mengetahui fungsi masing-masing karakter huruf Jawa dan kaidah penulisan huruf Jawa.Hal ini menjadi kendala siswa dalam menulis kalimat berhuruf Jawa pada siswa kelas V SD Se-Kabupaten Batang.Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apa sajakah kesalahan siswa kelas V SD Se- Kabupaten Batang dalam pembelajaran menulis kalimat berhuruf Jawa? (2) apa sajakah faktor penyebab kesalahan menulis kalimat berhuruf Jawa pada siswa kelas V SD Se-Kabupaten Batang? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Data dalam penelitian ini berupa kesalahan dalam penulisan huruf Jawa.Sumber datanya adalah siswa kelas V SD Se-Kabupaten Batang.Instrumen penelitian yang diigunakan dalam penelitian ini berupa tes.Dalam instrumen siswa diberikan lembar tes soal berupa kata dan kalimat berhuruf Latin untuk disalin ke dalam huruf Jawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan menulis kalimat berhuruf Jawa pada siswa kelas V SD Se-Kabupaten Batang terbagi menjadi empat kategori, yaitu: (1) Keseluruhan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menulis kalimat berhuruf Jawa yaitu 30,8% kesalahan terjadi pada aksara legena, 24,5% kesalahan terjadi pada sandhangan, 39% kesalahan terjadi pada pasangan, dan 5,7% kesalahan merupakan kesalahan pada penulisan tanda baca. Hasil Komulatif analisis kesalahan menulis kalimat berhuruf Jawa pada siswa kelas V SD Se-Kabupaten Batang dikategorikan cukup.Faktor penyebab kesalahan menulis kalimat berhuruf Jawa sebagai berikut : (1) Siswa belum hafal huruf Jawa, baik itu mengenai aksara legena, pasangan, maupun sandhangan. (2) Siswa belum mengetahui kaidah penulisan huruf Jawa yang benar. 3) Siswa kurang latihan menulis kalimat berhuruf Jawa, dan 4) Siswa kurang tertarik mempelajari huruf Jawa. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini, pemerintah membantu membuka lembaga khursus untuk guru SD khususnya untuk materi bahasa Jawa pada menulis huruf.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan penulisan huruf Jawa, siswa kelas V SD
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 25 Jan 2018 13:29
Last Modified: 25 Jan 2018 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29493

Actions (login required)

View Item View Item