GAMBAR HASIL KARYA ANAK-ANAK PAUD KARAKTER PELANGI NUSANTARA : KAJIAN PADA PERIODISASI PERKEMBANGAN, TIPE DAN BENTUK UNGKAPAN GAMBAR


Dianah Fauziah , 2401411026 (2015) GAMBAR HASIL KARYA ANAK-ANAK PAUD KARAKTER PELANGI NUSANTARA : KAJIAN PADA PERIODISASI PERKEMBANGAN, TIPE DAN BENTUK UNGKAPAN GAMBAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401411026.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (678kB) | Preview

Abstract

Anak usia Taman Kanak-kanak (4–6 tahun) termasuk dalam masa keemasan (golden age). Masa keemasan adalah masa dimana seluruh aspek pertumbuhan anak berkembang secara cepat. Oleh karena itu, diperlukan bimbingan yang tepat untuk anak, baik dari orang tua, guru, atau lingkungan. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan aspek perkembangan anak pada masa keemasan ini adalah melalui lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Aspek perkembangan anak meliputi aspek kognitif, bahasa, fisik-motorik, sosial-emosional, moral-agama, dan seni. Aspek-aspek itu berperan penting dalam tugas perkembangan selanjutnya. Perkembangan dunia seni rupa anak dikelompokkan dalam periodisasi perkembangan gambar anak (usia). Selain periodisasi perkembangan gambar anak, pengetahuan tentang tipe-tipe dan bentuk ungkapan gambar anak juga diperlukan untuk mengenal dunia kesenirupaan anak. Berdasarkan pengetahuan tentang periodisasi perkembangan, tipe-tipe dan bentuk ungkapan gambar anak, penilaian terhadap gambar yang dibuat oleh anak tidak sama dengan penilaian terhadap gambar yang dibuat oleh orang dewasa. Peneliti tertarik melakukan penelitian tentang karakteristik gambar anak, untuk dapat mengetahui bagaimana dunia anak dilihat dari karakteristik gambar anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Karakter Pelangi Nusantara. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakeristik gambar anak-anak PAUD Karakter Pelangi Nusantara berdasarkan periodisasi dan menurut teori para ahli yang telah mempelajari perkembangan seni rupa anak, sebagian besar hasil gambar anak-anak PAUD Karakter Pelangi Nusantara telah sesuai dengan golongan periodisasi perkembangan seni rupa anak yaitu masa prabagan. Berdasarkan tipe gambar, sejumlah 23 anak atau 88% hasil gambarnya bertipe visual, dan sejumlah 3 anak atau 12% hasil gambarnya bertipe haptik, sedangkan bentuk ungkapan gambar yang paling banyak adalah bentuk ungkapan dimensi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan hendaknya guru melakukan apresiasi berbagai jenis dan tipe gambar anak. Hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang karakteristik gambar anak, serta dalam pembelajaran menggambar, guru memberikan rangsangan yang baik misalnya pemberian cerita, menunjukkan gambar-gambar, guna meningkatkan daya imajinasi anak. Serta adanya pendekatan yang lebih intensif kepada setiap individu, untuk dapat memberikan stimulasi terhadap objek yang digambar. Penilaian terhadap gambar karya anak semestinya disesuaikan dengan dunia anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Anak TK, Gambar anak, Seni
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 25 Jan 2018 13:02
Last Modified: 25 Jan 2018 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29486

Actions (login required)

View Item View Item