PEMANFAATAN FILM ANIMASI ADIT DAN SOPO JARWO SEBAGAI STIMULUS DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 4 UNGARAN


Adnin Susanti, 2401411003 (2016) PEMANFAATAN FILM ANIMASI ADIT DAN SOPO JARWO SEBAGAI STIMULUS DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 4 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411411004.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (590kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni rupa di sekolah bertujuan untuk mengembangkan kemampuan ekspresivitas, kreativitas, dan apresiasi siswa, ketiga hal tersebut bisa didapatkan melalui pembelajaran menggambar ilustrasi. Namun, kenyataanya di sekolah tujuan pembelajaran tersebut masih belum tercapai, baik dikarenakan motivasi belajar kurang, maupun penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas. Penelitian skripsi ini mengungkap masalah: (1) bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran menggambar ilustrasi dengan memanfaatkan film animasi Adit dan Sopo Jarwo sebagai stimulus bagi siswa, (2) bagaimana hasil pembelajaran menggambar ilustrasi dengan memanfaatkan film animasi Adit dan Sopo Jarwo sebagai stimulus bagi siswa, dan (3) faktor determinan keberhasilan dalam pemanfaatan film animasi Adit dan Sopo Jarwo sebagai Stimulus dalam pembelajaran menggambar ilustrasi bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menstimulus siswa dalam pembelajaran menggambar ilustrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksploratif dan data kualitatif yang dilaksanakan melalui pengamatan terkendali. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dan pembahasan penelitian ini yaitu: (1) proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) hasil penelitian pembelajaran pada pengamatan terkendali 1 memperoleh nilai rata-rata 66,36. Sedangkan pengamatan terkendali 2, nilai siswa meningkat menjadi rata-rata 81,09, (3) faktor determinan penentu keberhasilan dibagi menjadi dua sifat, yakni bersifat mendukung dan menghambat. Simpulan bagi penelitian ini adalah: (1) proses pelaksanaan pembelajaran meliputi tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) hasil pembelajaran pada terkendali 1 nilai siswa masuk pada kategori cukup dan kemudian meningkat menjadi kategori baik pada terkendali 2, (3) faktor determinan keberhasilan proses pembelajaran, faktor pendukung meliputi tersedianya media pembelajaran, perencanaan yang baik dalam pembelajaran, motivasi belajar siswa, tingginya rasa percaya diri siswa, tingkat kebisingan yang rendah, dan tersedianya sumber belajar. Sedangkan, faktor penghambat dari pembelajaran adalah latar belakang guru bukan dari bidang seni rupa, kurangnya pengetahuan guru terhadap gambar ilustrasi, dan siswa terbiasa menduplikasi karya/gambar yang sudah ada. Saran kepada guru bahwa dalam mengajar sebaiknya lebih variatif, pemanfaatan film animasi Adit dan Sopo Jarwo sebagai stimulus dalam pembelajaran gambar ilustrasi bagi siswa diperlukan sebagai alternatif pembelajaran ilustrasi dan diperlukan pula penelitian lanjutan sebagai tindak lanjut pengembangan pembelajaran menggambar ilustrasi yang diselaraskan dengan perkembangan teknologi dan situasi terkini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Film Animasi, Stimulus Pembelajaran, Menggambar Ilustrasi,
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 25 Jan 2018 12:44
Last Modified: 25 Jan 2018 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29479

Actions (login required)

View Item View Item