PENERAPAN MOTIF HIAS GEOMETRIS PADA ORIGAMI BERBENTUK ROBOT BERBAHAN KERTAS BEKAS DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA (Analisis Pelaksanaan Pembelajaran dan Hasil Karya Siswa Kelas VIII C SMP N 6 Salatiga)


Puji Setiawan, 2401410077 (2016) PENERAPAN MOTIF HIAS GEOMETRIS PADA ORIGAMI BERBENTUK ROBOT BERBAHAN KERTAS BEKAS DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA (Analisis Pelaksanaan Pembelajaran dan Hasil Karya Siswa Kelas VIII C SMP N 6 Salatiga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401410077.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni rupa dalam berkarya motif hias geometris merupakan salah satu pembelajaran yang sering diajarkan Guru Seni Rupa tingkat SMP pada kelas VIII. Pembelajaran berkarya motif hias dilaksanakan di SMP N 6 Salatiga oleh Guru Seni Budaya (Seni Rupa) pada salah satu kelas yaitu VIII C dengan materi penerapan motif hias geometris pada karya origami berbentuk robot berbahan kertas bekas. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melaksanakan pengamatan lebih lanjut. Rumusan masalah yang dikaji meliputi: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni rupa dalam menerapkan motif hias geometris pada origami berbentuk robot berbahan kertas bekas oleh Siswa Kelas VIII C SMP N 6 Salatiga?, (2) Bagaimana hasil karya Siswa Kelas VIII C SMP N 6 Salatiga dalam pembelajaran seni rupa menerapkan motif hias geometris pada origami berbentuk robot berbahan kertas bekas?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran berawal dari penentuan bahan ajar yang berdasarkan KD 4.3 kelas VIII Kurikulum 2013. Guru menyiapkan materi terdahulu dan melihat siswa yang dapat mengikuti pembelajaran. Kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific. Guru mengarahkan siswa untuk mengamati media yang berupa origami berbentuk robot. Siswa diarahkan guru untuk aktif bertanya terkait materi awal yang disampaikan. Siswa mencoba proses pembuatan origami berbentuk robot dari tahap awal sampai akhir, dilanjutkan penghiasan dengan motif hias geometris dan pengemasan karya. Kegiatan terakhir adalah mempresentasikan hasil karya. Evaluasi hasil belajar menunjukkan rata-rata mendapatkan nilai 3 dari 28 siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Setiap kelompok siswa menghasilkan karya-karya yang memiliki keunggulan dan keterampilan masing-masing dalam menerapkan motif hias geometris pada origami berbentuk robot. Saran yang direkomendasikan meliputi: (1) para siswa dianjurkan untuk meningkatkan pengetahuan ragam motif hias geometris sehingga dapat memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran, (2) perlu peningkatan antusias siswa dalam mempersiapkan bahan dan alat berkarya seni rupa agar dapat membangun pribadi siswa yang selalu siap untuk belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kata kunci: motif hias geometris, origami berbentuk robot, kertas bekas, pembelajaran seni rupa
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 25 Jan 2018 12:27
Last Modified: 25 Jan 2018 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29478

Actions (login required)

View Item View Item