PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA TEKS NOVEL BERBAHASA JAWA MELALUI SIMPLIFIKASI


Nike Esti Kurniawati, 0202513023 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA TEKS NOVEL BERBAHASA JAWA MELALUI SIMPLIFIKASI. Masters thesis, Uniersitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran membaca teks novel pada pelajaran Bahasa Jawa saat ini masih lemah dan sulit dipahami oleh peserta didik. Kelemahan tersebut diduga pada peserta didik yang kurang minat dalam pembelajaran sastra di sekolah. Sebagai contoh novel yang tebal dan panjang ceritanya membuat kurang efektif jika dijadikan sebagai bahan ajar. Guru harus selektif dalam memilih bahan ajar dengan cara memberikan bahan ajar yang mudah dipahami dan mempunyai daya tarik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dikembangkan bahan ajar membaca teks novel berbahasa Jawa melalui simplifikasi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kebutuhan peserta didik dan guru berkaitan dengan pengembangan bahan ajar membaca teks novel berbahasa jawa melalui simplifikasi, bagaimanakah karakteristik bahan ajar membaca teks novel berbahasa Jawa melalui simplifikasi yaitu Jemini, Asmarani, dan Para Pawestri Pejuwang karya Suparto Brata untuk peserta didik SMA yang dikembangkan, bagaimana model bahan ajar membaca teks novel berbahasa Jawa melalui simplifikasi yaitu Jemini, Asmarani, dan Para Pawestri Pejuwang karya Suparto Brata untuk peserta didik SMA dapat diterapkan, dan bagaimanakah keefektifan bahan ajar membaca teks novel melalui simplifikasi yaitu Jemini, Asmarani, dan Para Pawestri Pejuwang karya Suparto Brata untuk peserta didik SMA yang dikembangkan sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar membaca teks sastra melalui simplifikasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Langkah-langkah penelitian ini terdiri atas (1) analisis teoretis dan praktis, (2) analisis kebutuhan pengembangan menurut persepsi guru dan peserta didik, (3) penyusunan draf produk, (4) uji ahli, (5) revisi produk, (6) uji keefektifan produk, (7) revisi hasil uji penggunan produk pengembangan. Data dari penelitian ini meliputi data kebutuhan pengembangan teks novel bernahasa Jawa menurut persepsi guru dan peserta didik, data hasil penilaian ahli materi, ahli nahasa, ahli layout, dan data uji coba terbatas berupa skor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 25 Jan 2018 13:16
Last Modified: 25 Jan 2018 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29476

Actions (login required)

View Item View Item