PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI POP UP DENGAN TEMA PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG
Zulfa Nur Azizah , 2401410045 (2016) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI POP UP DENGAN TEMA PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (616kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menggambar ilustrasi pop up di SMP saat ini masih jarang dilaksanakan. Siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Susukan merupakan subjek yang dipilih peneliti dalam melaksanakan pembelajaran menggambar ilustrasi pop up dengan tema peduli lingkungan. Pembelajaran menggambar ilustrasi pop up dapat digunakan untuk menambah pengalaman siswa dalam berkreasi, karena siswa akan mendapatkan pengalaman kreatif melalui kegiatan melipat, memotong, dan menempel. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menggambar ilustrasi pop up dengan tema peduli lingkungan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Susukan. (2) menjelaskan hasil pembelajaran menggambar ilustrasi pop up dengan tema peduli lingkungan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Susukan (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran menggambar ilustrasi pop up dengan tema peduli lingkungan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Susukan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang diterapkan meliputi; (1) survei pendahuluan ke sekolah, (2) pengamatan sebelum perlakuan, (3) Pengamatan terkendali, dan (4) evaluasi dan rekomendasi. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Susukan Kabupaten Semarang dengan subjek siswa kelas VIII A. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 28 siswa SMP Negeri 2 Susukan disimpulkan proses pembelajaran menggambar ilustrasi pop up dilakukan dalam tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada evaluasi hasil, nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIII A adalah 78,25. Terdapat 3 siswa dalam kategori sangat baik, 5 siswa dalam kategori baik, 19 siswa dalam kategori cukup, dan 1 siswa dalam kategori kurang. Sehingga secara keseluruhan siswa tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan pengamatan peneliti, beberapa hasil gambar ilustrasi pop up siswa masih belum maksimal. Kekurangan terdapat pada hasil kreasi pop up siswa yang sebagian besar menggunakan satu teknik dasar yang sama yaitu teknik V-Folding, sehingga hasil kreasi pop up kurang bervariasi. Saran yang dapat diajukan adalah: (1) Bagi siswa diharapkan lebih serius dalam proses berkreasi, sehingga hasil kreasi lebih maksimal dan memuaskan. (1) Guru seni rupa hendaknya dapat melaksanakan pembelajaran menggambar ilustrasi pop up yang dapat menambah pengalaman siswa dalam berkreasi (2) Para pakar atau praktisi pendidikan seni diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan untuk pembelajaran menggambar ilustrasi pop up pada siswa SMP yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pembelajaran, Gambar Ilustrasi, Pop up, Kepedulian Lingkungan. |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 12:16 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 12:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29471 |
Actions (login required)
View Item |