PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN BERBICARA BERDASAR PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI


Mujimin, 2101507032 (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN BERBICARA BERDASAR PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI. Masters thesis, Uniersitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (583kB) | Preview

Abstract

Perubahan kurikulum KTSP ke kurikulum 2013 membawa dampak perubahan orientasi konsep, proses pembelajaran, dan sistem penilaiannya. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang saling berkait. Jika orientasi konsep kurikulum berubah akan mengubah pula proses pembelajaran dan sistem penilaiannya. Sistem penilaian pada kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pelaksanaan sistem penilaian ini, khususnya pada mata pelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar masih mengalami berbagai hambatan sehingga belum mampu mengungkap potensi siswa secara menyeluruh, dari aspek sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Berdasar pengamatan dan wawancara peneliti dengan guru sekolah dasar disimpulkan ketidakmampuan sistem penilaian mengungkap kemampuan siswa dikarenakan beberapa hal. Penilaian pembelajaran bahasa Jawa khususnya pada jenjang sekolah dasar masih menitikberatkan pada penilaian bentuk tertulis. Alat penilaian yang dirancang guru belum memenuhi prinsip menyeluruh yang mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran, yaitu ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Alat penilaian pembelajaran bahasa Jawa yang telah dikembangkan guru tidak komunikatif-integratif, masih bersifat teoretis dan cenderung mengukur pengetahuan bahasa yang disajikan secara diskret. Oleh karena itu, alat penilaian berbicara bahasa Jawa jenjang sekolah dasar kelas tinggi yang memenuhi kaidah penilaian yang baik dan benar perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan karakteristik pengembangan perangkat penilaian berbicara berdasar pembelajaran berbasis teks pada mata pelajaran bahasa Jawa sekolah dasar kelas tinggi, (2) menyusun kembali model perangkat penilaian kompetensi berbicara pada mata pelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar kelas tinggi, dan (3) menguji keefektifan perangkat penilaian kompetensi berbicara pada mata pelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar kelas tinggi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Reaserch and Development (R&D) dengan langkah-langkah: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, uji ahli, revisi produk, dan uji coba produk. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi kebutuhan, deskripsi saran dari ahli, dan data hasil uji coba produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, uji ahli serta teknik tes. Data dianalisa menggunakan teknik deskriptif kualitatif, kuantitatif prosentase, dan uji keefektifan dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini berupa deskripsi karakteristik kebutuhan perangkat penilaian berbicara berdasar pembelajaran teks pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas tinggi. Karakteristik kebutuhan ini meliputi: data diri responden, dokumen perangkat pembelajaran yang dimiliki responden, pelaksanaan pembelajaran kompetensi berbicara, pelaksanaan penilaian kompetensi berbicara, dan perangkat penilaian berbicara yang dibutuhkan. Pengembangan perangkat penilaian berupa model penilaian kompetensi berbicara meliputi jenis bercerita, berpidato, dan berdialog. Perangkat penilaian ketiga jenis berbicara tersebut terdiri atas materi ajar yang sesuai KD, penilaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa penilaian berbicara jenis bercerita pada aspek sikap dari 10 butir soal 7 butir soal tergolong valid. Pada aspek pengetahuan dari 10 butir soal 7 butir tergolong valid. Pada aspek keterampilan dari 4 butir soal seluruhnya valid. Butir soal yang sudah valid setelah diuji reliabilitasnya menunjukkan seluruh butir soal reliabel. Penilaian berbicara jenis berpidato pada aspek sikap dari 10 butir soal 7 butir valid. Pada aspek pengetahuan dari 10 butir soal 7 butir valid. Pada aspek keterampilan dari 5 butir soal seluruhnya valid. Dari seluruh butir soal yang valid juga reliabel. Penilaian berbicara jenis berdialog pada aspek sikap dari 10 butir soal 7 butir valid. Pada aspek pengetahuan dari 10 butir soal 7 butir soal valid. Pada aspek keterampilan dari 6 butir soal seluruhnya valid. Butir soal yang valid juga reliabel. Saran dari peneliti agar guru sekolah dasar kelas tinggi dapat memanfaatkan produk penelitian ini untuk melakukan penilaian kompetensi berbicara. Penelitian ini meneliti perangkat penilaian kompetensi berbicara, agar lebih lengkap perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan kompetensi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Inggris, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 25 Jan 2018 13:13
Last Modified: 25 Jan 2018 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29469

Actions (login required)

View Item View Item