KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN BERDASARKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Hesti Fitriana, 0103513045 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN BERDASARKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Uniersitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FULL.pdf]
Preview
PDF
Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan keefektifan penggunaan model CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman bagi peserta didik kelas IV SD yang berminat baca tinggi dan rendah, (2) menentukan keefektifan penggunaan model TPS dalam pembelajaran membaca pemahaman bagi peserta didik kelas IV SD yang berminat baca tinggi dan rendah, dan(3) menentukaninteraksi keefektifan model CIRC dan model TPS dalam pembelajaran membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV SD berdasarkan minat baca. Desain dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Kalijeruk 04 sebagai kelas eksperimen 1, dan siswa kelas IV SDN kalijeruk 02 sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan model CIRC dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan model TPS. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes berupa angket minat baca dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired samples t test dananova dua jalur dengan taraf signifikansi α <(0.05) Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model CIRC efektif digunakan pada pembelajaran membaca pemahaman berdasarkan minat baca siswa kelas IV SD. Hal tersebut dibuktikan pada siswa berminat baca tinggi nilai rerata pengujian t-test yaitu nilai t hitung = 8,943> t tabel 1,746 dan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. Pada siswa berminat baca rendah nilai rerata pengujian t hitung = 4.289> t tabel 1.860 dengan nilai signifikansi = 0,003 < 0,05. (2) Penggunaan model TPS efektif digunakan pada pembelajaran membaca pemahaman berdasarkan minat baca siswa kelas IV SD.Hal tersebut dibuktikan pada siswa berminat baca tinggi nilai rerata pengujian t-test yaitu nilai t hitung = 5,905> t tabel 1,753 dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. Pada siswa berminat baca rendah nilai rerata penguji t hitung nilai t hitung = 2,775> t tabel 2,015 dengan nilai signifikansi = 0,039< 0,05.(3) Penerapan model CIRC pada pembelajaran membaca pemahaman lebih efektif daripada model TPS baik pada siswa berminat baca tinggi maupun berminat baca rendah dengan rerata peningkatan total 0.52 kategori sedang. Saran yang diajukan adalah pendidik dapat menerapkan model pembelajaran CIRC dan model TPSsebagai salah satuperbaikan dalam pembelajaran membaca pemahaman berdasarkan minat baca siswa. Perlu adanya penelitian yang lebih lanjut untuk menguji keefektifan model CIRC dan model TPS berdasarkan minat baca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 25 Jan 2018 11:54
Last Modified: 25 Jan 2018 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29463

Actions (login required)

View Item View Item