JENIS PEMATUHAN DAN PELANGGARAN BIDAL -BIDAL PRINSIP KERJA SAMA PADA IKLAN OPERATOR SELULER DI TELEVISI
Erlinda Yuni Iswati, 0202513001 (2016) JENIS PEMATUHAN DAN PELANGGARAN BIDAL -BIDAL PRINSIP KERJA SAMA PADA IKLAN OPERATOR SELULER DI TELEVISI. Masters thesis, Uniersitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (654kB) | Preview |
Abstract
Dalam komunikasi lisan dan tulis, tuturan dipengaruhi oleh konteks. Adapun tuturan yang mematuhi dan menyimpang dapat dijumpai pada Iklan Operator Seluler atau IOS di televisi karena luas dan kompleks. Selain itu penayangan cenderung merusak program acara tersebut. Rumusan masalah ini adalah (1) apa sajakah jenis pematuhan bidal prinsip kerja sama pada iklan operator seluler di televisi? (2) apa sajakah pelanggaran bidal prinsip kerja sama pada iklan operator seluler di televisi (3) mengapa terjadi pematuhan bidal prinsip kerja sama pada iklan operator seluler di televisi? (4) mengapa terjadi pelanggaran bidal prinsip kerja sama pada iklan operator seluler? Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena data penelitian berupa tuturan yang memuat jenis pematuhan dan pelanggaran bidal prinsip kerja sama pada iklan operator seluler di televisi. Selain itu, menggunakan metode padan pragmatis. Hubungan padan dalam penelitian ini berupa menyamakan semua unsur penentu dan relevan dengan semua data yang ditentukan berdasarkan jenis pematuhan dan pelanggaran bidal-bidal prinsip kerja sama dan metode normatif. Hasil temuan penelitian ini adalah pematuhan dan pelanggaran bidal prinsip kerja sama berupa bidal kuantitas, kualitas, relevansi dan cara, dan alasan terjadinya pematuhan bidal dalam prinsip kerja sama berupa untuk menyampaikan informasi secara jelas, dan menghindari kesalahpahaman, serta pelanggaran bidal dalam prinsip kerja sama dapat berupa kelucuan, mengunggulkan kualitas, dan menyindir. Simpulan penelitian ini adalah terdapat empat bidal-bidal prinsip kerja sama baik pada pematuhan maupun pelanggaran yang berupa bidal kualitas, bidal kuantitas, bidal relevansi dan bidal cara. Selain itu, alasan terjadinya pematuhan bidal karena untuk menyampaikan informasi secara jelas, menghindari kesalahpahaman banyak terjadi pada iklan operator seluler XL. Alasan terjadinya pelangaran bidal berupa mengunggulkan kualitas, menyindir, dan melucu banyak dijumpai pada iklan operator seluler AXIS dan As. Saran dalam penelitian ini adalah pembuat iklan, hendaknya dapat memerhatikan penggunaan bahasa promosi dengan sopan. Calon pembeli, dapat mencermati makna yang sedang dituturkan agar tidak terkecoh dengan harga murah. Peneliti lain, dapat dijadikan sumbangan pemikiran mengenai jenis pematuhan dan pelanggaran bidal-bidal prinsip kerja sama, serta dapat menggali bentuk bidal-bidal lain selain bidal prinsip kerja sama agar lebih baik dalam perkembangan ilmu pragmatik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 11:51 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 11:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29462 |
Actions (login required)
View Item |