PENERAPAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI BATIK MOTIF KLASIK BAGI SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 4 PEMALANG
Dita Rizki Fatimah , 2401409050 (2016) PENERAPAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI BATIK MOTIF KLASIK BAGI SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 4 PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (747kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan apresiasi tidak dapat lepas dari kehidupan, seperti melihat dan mengamati hasil-hasil pekerjaan atau karya orang lain yang diwujudkan dalam berbagai bentuk, jenis, serta media yang sangat beragam. Melalui kegiatan apresiasi, siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk menghargai karya seni dan budaya bangsanya. Salah satu seni budaya bangsa yang sangat melekat pada jati diri bangsa Indonesia ialah batik. Namun, pada kenyataannya seperti yang terjadi di SMP Negeri 4 Pemalang, pembelajaran apresiasi belum berjalan dengan maksimal dan pembelajaran lebih menitikberatkan pada pembelajaran ekspresi. Dari kondisi tersebut, dianggap perlu dikembangkan pembelajaran apresiasi motif batik klasik menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif berupa media Puzzle. Puzzle merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan sebagai media belajar. Tujuan dari penelitian ini selain untuk mengembangkan media pembelajaran apresiasi motif batik klasik Yogyakarta bagi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pemalang, adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan media puzzle tersebut, serta mengetahui dan menjelaskan tanggapan siswa dan guru terhadap media pembelajaran dimaksud. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan angket, dengan analisis deskriptif. Sasaran penelitian adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pemalang, berjumlah 38 siswa sebagai sasaran penerapan model media pembelajaranpuzzle. Hasil observasi menunjukkan bahwa kondisi saat proses pembelajaran berlangsung,siswa lebih antusias dan senang dibandingkan dengan kondisi pada saat pembelajaran sebelumnya. Kemampuan siswa memberikan respon dalam pembelajaran apresiasi motif batik klasik bagi siswa kelas VII G SMP Negeri 4 Pemalang melalui permainan puzzle dan presentasi terbukti baik. Hasil tanggapan dari siswa dan guru mengenai pemanfaatan puzzle sebagai media pembelajaran mendapatkan nilai yang tinggi, sehingga media pembelajaran layak untuk diterapkan dalam pembelajaran apresiasi di sekolah. Simpulan penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media puzzle dalam pembelajaran apresiasi motif batik klasik dapat menjadi strategi yang tepat untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apresiasi, membantu mencapai tujuan pembelajaran, dan berhasil diterapkan dalam pembelajaran apresiasi di kelas VII G SMP Negeri 4 Pemalang. Diharapkan melalui penelitian ini, guru dapat terinspirasi untuk memproduksi sendiri media pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum, kreativitasnya, sehingga inovatif, menarik dan menyenangkan. Sekolah pun diharapkan dapat mendukung kegiatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : media, puzzle, apresiasi, batik klasik |
Subjects: | N Fine Arts > ND Painting N Fine Arts > NE Print media |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 18:51 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 18:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29459 |
Actions (login required)
View Item |