PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK MENGGUNAKAN METODE MENCONTOH PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH WONOPRINGGO TAHUN AJARAN 2014/2015


Muhamad Torik , 2401409016 (2016) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK MENGGUNAKAN METODE MENCONTOH PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH WONOPRINGGO TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401409016.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran membatik pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Wonopringgo TA 2014/2015 dengan menggunakan metode mencontoh; dan (2) Mendeskripsikan hasil karya batik pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Wonopringgo TA 2014/2015 dengan menggunakan metode mencontoh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Wonopringgo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes praktik, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode mencontoh dalam pembelajaran membatik berjalan dengan baik. Penerapan metode mencontoh diawali dengan teknik menjiplak dengan prosedur dalam membuat pola siswa menjiplak gambar batik, kemudian peneliti dan guru mencontohkan tiap langkah pembuatan batik. Teknik ini bertujuan agar siswa terampil membuat pola batik. Selanjutnya guru menggunakan teknik mencontoh langsung dengan prosedur dalam membuat pola siswa hanya mengamati batik, kemudian peneliti dan guru hanya mendampingi tiap langkah pembuatan batik. Teknik ini bertujuan agar siswa lebih kreatif dalam membatik; (2) Hasil karya batik siswa lebih baik setelah pembelajaran menggunakan metode mencontoh. Rata-rata nilai hasil karya batik siswa pada kondisi awal sebesar 59 menjadi 64 pada pembelajaran dengan teknik jiplak, dan meningkat lagi menjadi 72 pada pembelajaran dengan teknik melihat contoh. Saran yang dapat diajukan yaitu, pertama guru seni rupa hendaknya menggunakan metode mencontoh dalam pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan kemampuan siswa dalam belajar. Kedua, para pakar atau praktisi pendidikan seni perlu melakukan penelitian serupa yang terkait dengan metode pembelajaran khususnya pada materi membatik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ragam Hias, Keterampilan Membatik, dan Metode Mencontoh.
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 24 Jan 2018 18:31
Last Modified: 24 Jan 2018 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29455

Actions (login required)

View Item View Item