SERAT WARAYATNA DALAM KAJIAN SEMIOTIKA


Erna Yulianti Safitri , 2601412076 (2016) SERAT WARAYATNA DALAM KAJIAN SEMIOTIKA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601412076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (224kB) | Preview

Abstract

Serat Warayatna digolongkan sebagai salah satu serat piwulang untuk para putri. Serat warayatna merupakan teks tertulis yang berisi tentang nasehat dan ajaran untuk para wanita. Nasehat dan ajaran dalam Serat Warayatna berupa lambang, kode, atau simbol. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah struktur Serat Warayatna jika dikaji menggunakan teori semiotik Teeuw yang mencakup kode bahasa, kode sastra, dan kode budaya. Tujuannya adalah untuk mengetahui nasehat serta ajaran yang terkandung dalam Serat Warayatna berdasarkan tiga kode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Fokus penelitian ini hanya pada teks Serat Warayatna yang menjadi objek kajiannya. Menurut teori semiotik Teeuw, ada tiga kode yang harus dijabarkan dalam upaya memaknai karya sastra. Hasil penelitian ini juga dibagi menjadi tiga, yaitu menurut kode bahasa, kode sastra, dan kode budaya. Menurut kode bahasa, Serat Warayatna berisi tentang nasehat dan ajaran bagi para putri Keraton Kasunanan Surakarta tentang tatakrama, kelakuan baik, dan kelakuan buruk. Menurut kode sastra, keindahan Serat Warayatna dapat dilihat dari penggunaan bahasa kias dan rima yang terdapat di dalamnya. Serat Warayatna juga mempunyai metrum tembang macapat pocung. Menurut kode budaya, pada masa pemerintahan Pakubuwana IX serat ditulis untuk memberi nasehat dan ajaran untuk putra-putri raja. Dalam Serat Warayatna juga ditemukan budaya pitutur, karena dijelaskan pada masa itu orang tua sering memberi nasehat dan ajaran bagi putra-putrinya. Serat Warayatna dapat dijadikan sebagai teks bacaan atau bahan ajar pada siswa tingkat SMA karena di dalamnya terdapat nasehat dan ajaran yang baik dan berguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Serat Warayatna, kode, ajaran.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 24 Jan 2018 18:09
Last Modified: 24 Jan 2018 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29451

Actions (login required)

View Item View Item